Pola Komunikasi Orang Tua dengan Anak Sekolah Dasar Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto dalam Peningkatan Literasi Media Televisi

NABILA, Mutiara (2017) Pola Komunikasi Orang Tua dengan Anak Sekolah Dasar Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto dalam Peningkatan Literasi Media Televisi. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (31kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas dan bagian awal TA_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (755kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
abstrak_1.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] PDF (Daftarpustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)

Abstract

ABSTRAK Televisi sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat saat ini dan salah satu penggunanya adalah anak-anak. Selain karakter audio-visualnya yang lebih menarik, kemudahan akses juga memudahkan penggunanya untuk mendapatkan informasi. Sebagai pengguna televisi, anak usia sekolah dasar cenderung melakukan peniruan terhadap apa yang dilihatnya, maka agar anak dapat memilah tayangan yang bisa memberikan dampak baik dan buruk, anak harus terliterasi media. Karena literasi media merupakan hal yang harus dipelajari maka orang tua harus membantu anak dalam meningkatkan kemampuan literasi media televisi anak dengan memberikan penjelasan atau membuat kebiasaan menonton tv untuk anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi yang dilakukan orang tua pada anak dalam proses peningkatan literasi media televisi. Penelitian ini menggunakan konsep pola komunikasi keluarga dan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah orang tua dan murid kelas 4-6 sekolah dasar Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam dan observasi pada informan penelitian. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah model Miles dan Huberman yang terdiri dari (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan kemudian uji validitas data dilakukan dengan cara membandingkan hasil wawancara dan observasi dari sumber data. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa pola komunikasi yang tepat untuk proses peningkatan literasi media televisi pada anak adalah pola komunikasi authoritative. Dalam pola ini orang tua masih mendengarkan dan mengetahui sifat masing-masing anak sehingga mengetahui cara menangani anak untuk mengajarkan literasi media televisi, dan anak juga lebih mudah memahami penjelasan yang diberikan orang tua. Sementara itu pola komunikasi authoritarian dan permissive kurang tepat digunakan karena anak akan merasa diatur atau dibiarkan sehingga dapat timbul rasa penasaran ingin meniru apa yang dilihat dan dilarang orang tua dan dapat menyebabkan anak lebih rentan terkena dampak buruk dari televisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F17111
Uncontrolled Keywords: pola komunikasi, literasi media televisi, anak sekolah dasar
Subjects: C > C631 Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Mr Rohmadi Rohmadi
Date Deposited: 04 Sep 2019 03:48
Last Modified: 19 Nov 2019 03:23
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/2226

Actions (login required)

View Item View Item