Proses Komunikasi Antar Pribadi Antara Orang Tua dengan Anak dalam Memotivasi Belajar Anak Sekolah Dasar di Rt.02/Rw.Ix Perumahan Teluk, Purwokerto Selatan

LUTHFIATSARI, Dini (2017) Proses Komunikasi Antar Pribadi Antara Orang Tua dengan Anak dalam Memotivasi Belajar Anak Sekolah Dasar di Rt.02/Rw.Ix Perumahan Teluk, Purwokerto Selatan. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas dan Bagian Awal Tugas Akhir_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (31kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
BAB I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)
[img] PDF (Daftarpustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)

Abstract

Komunikasi interpersonal atau komunikasi antar pribadi adalah komunikasi antara orang-orang secara tatap muka, yang memungkinkan setiap pesertanya menangkap reaksi orang lain secara langsung, baik secara verbal maupun non verbal. Melalui komunikasi dengan orang-orang di sekitar, seorang individu dapat memenuhi kebutuhan emosional dan intelektual. Komunikasi antar pribadi yang dilakukan didalam lingkup keluarga mempunyai peran penting dalam proses komunikasi di dalam keluarga. Hal tersebut dikarenakan dengan menggunakan komunikasi antar pribadi, memungkinkan anggota keluarga melakukan proses komunikasi baik verbal maupun non verbal terhadap anggota keluarga lainnya. Dengan kata lain, komunikasi antar pribadi membuat proses komunikasi antar anggota keluarga menjadi lebih mudah dilakukan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui proses komunikasi antar pribadi antara orang tua dalam mengembangkan motivasi belajar anak sekolah dasar, khususnya di wilayah RT.02/RW.IX Perumahan Teluk Purwokerto Selatan. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif. Sasaran penelitian ini adalah warga RT.02/RW.IX Perumahan Teluk Purwokerto Selatan. Sementara itu, secara khusus sasaran penelitian ini adalah orangtua yang memiliki anak yang masih bersekolah di SD mulai dari dari kelas 4 – kelas 5. Selain orangtua, sasaran penelitian ini juga anak-anak yang masih mengenyam bangku sekolah dasar. Teknik pemilihan informan dilakukan dengan purposive sampling. Validitas data dilakukan dengan menggunakan model triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua cara melakukan komunikasi antar pribadi antara orangtua dengan anak, yaitu dengan menggunakan komunikasi verbal dan non verbal. Pada penelitian ini, seluruh orangtua yang menjadi informan melakukan komunikasi verbal berupa penggunaan bahasa untuk memotivasi belajar anak. Sementara itu, komunikasi non verbal dilakukan dengan cara menyampaikan pesan kinesik, paralingustik dan proksemik pada anak-anak oleh orangtuanya. Pemberian sanksi kepada anak jika anak tersebut tidak belajar merupakan salah satu cara penyampaian pesan kinesik yang disampaikan oleh informan dalam penelitian ini. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka di dapatkan hasil bahwa dari 4 orang responden yang merupakan orangtua siswa sekolah dasar, mempunyai cara masingmasing dalam pemberian sanksi sebagai bagian dari penyampaian pesan kinesik. Pada penelitian ini, pesan proksemik dilihat dari ada atau tidaknya ruang belajar khusus yang dibuatkan orangtua untuk anaknya. Dari hasil penelitian diperoleh jawaban bahwa beberapa orangtua pernah memberikan dan membuatkan ruang belajar khusus, namun kemudian ruangan tersebut tidak digunakan karena anak merasa lebih nyaman jika belajar diruangan lain, bukan diruang belajarnya. Kata kunci : Komunikasi Antar Pribadi, Keluarga, Orangtua, Motivasi Belajar Anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F17092
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Antar Pribadi, Keluarga, Orangtua, Motivasi Belajar Anak.
Subjects: A > A31 Achievement motivation
C > C631 Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Sri Hartati
Date Deposited: 12 Nov 2019 02:00
Last Modified: 12 Nov 2019 02:00
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/2471

Actions (login required)

View Item View Item