Menjadi penyiar radio profesional (studi deskriptif komunikasi interpersonal pada mahasiswa ilmu komunikasi fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas jenderal soedirman yang bekerja sebagai penyiar radio di kota purwokerto)

KARINA, Augusta Rachma (2017) Menjadi penyiar radio profesional (studi deskriptif komunikasi interpersonal pada mahasiswa ilmu komunikasi fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas jenderal soedirman yang bekerja sebagai penyiar radio di kota purwokerto). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (38kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas dan bagian awal TA)
Legalitas dan bagian awal TA_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (703kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (76kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
Bab.I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (BabII)
Bab.II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab.III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab.IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab.V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] PDF (Daftarpustaka)
Daftar pustaka_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (990kB)

Abstract

Studi ini membahas tentang proses pengembangan kemampuan komunikasi interpersonal yang dilakukan mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman yang bekerja paruh waktu sebagai penyiar radio untuk dapat menjadi penyiar radio yang profesional dari passion yang mereka miliki di dunia broadcasting. Studi ini menarik untuk diteliti melihat beberapa mahasiswa pekerja paruh waktu sebagai penyiar radio terlihat lebih menonjol dengan kecakapan berkomunikasi dan prestasi kerja yang dimiliki dibanding dengan mahasiswa pekerja paruh waktu yang lain. Objek dari studi ini adalah pada proses adaptasi dan implementasi variabel kemampuan komunikasi interpersonal atau interpersonal skill dari role model seorang penyiar radio profesional yang dipilih penyiar radio sebagai acuan pengembangan diri. Studi deskriptif tentang pengembangan kemampuan komunikasi interpersonal ini diadaptasi dari variabel social skill milik Michael Argyle (1967, dalam Hartley, 1999: 35-37) diantaranya: (1) goals dan persepsi adalah latar belakang dan tujuan mahasiswa bekerja menjadi penyiar radio, (2) translation yaitu latar belakang keinginan mahasiswa yang bekerja menjadi penyiar radio untuk mengembangkan diri menjadi penyiar radio profesional, (3) motor response yaitu interpersonal skill yang diadaptasi dari role model sebagai penggerak dalam pengembangan diri, serta (4) feedback yaitu proses pengembangan diri dalam bentuk implementasi gambaran interpersonal skill sebagai umpan balik role model maupun pendengar kepada penyiar radio dalam suatu proses komunikasi interpersonal. Mengambil empat informan yang dipilih dengan teknik snowball sampling dan pengumpulan data lewat wawancara mendalam, observasi, serta dokumentasi, hasil dari studi menunjukkan bahwa latar belakang dan tujuan mahasiswa bekerja menjadi penyiar radio adalah untuk mengisi waktu luang. Untuk mencapai target karir yang lebih tinggi, penyiar radio melakukan pengembangan diri dengan mengadaptasi kemudian mengimplementasi kemampuan komunikasi interpersonal yang dibutuhkan seorang penyiar radio kepada narasumber talkshow maupun pendengar untuk membangun hubungan yang baik kepada individu lain yang berkaitan dengan kegiatan siaran radio.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F17272
Uncontrolled Keywords: Kerja paruh waktu, passion di dunia broadcasting, penyiar radio profesional, role model, proses adaptasi, implementasi, interpersonal skill
Subjects: A > A1 Abacus
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Endang Kasworini
Date Deposited: 29 Jul 2020 04:23
Last Modified: 29 Jul 2020 04:23
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/2697

Actions (login required)

View Item View Item