Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Terhadap Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa MAN 1 Banyumas

WIJAYANTI, Retno Dwi (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Terhadap Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa MAN 1 Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
COVER-Retno Dwi Wijayanti-C1L015046-2019.docx.pdf

Download (30kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Retno Dwi Wijayanti-C1L015046-SKRIPSI-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Retno Dwi Wijayanti-C1L015046-SKRIPSI-2019.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
BAB I-Retno Dwi Wijayanti-C1L015046-SKRIPSI-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Retno Dwi Wijayanti-C1L015046-SKRIPSI-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Retno Dwi Wijayanti-C1L015046-SKRIPSI-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Retno Dwi Wijayanti-C1L015046-SKRIPSI-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Retno Dwi Wijayanti-C1L015046-SKRIPSI-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Daftarpustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Retno Dwi Wijayanti-C1L015046-SKRIPSI-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Retno Dwi Wijayanti-C1L015046-SKRIPSI-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Terhadap Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Siswa MAN 1 Banyumas” bertujuan untuk mengetahui perbedaan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa kelas X IPA MAN 1 Banyumas yang menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievement Division terhadap keaktifan belajar dan hasil belajar, serta pengaruh keaktifan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPA MAN 1 Banyumas Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Pada penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experimental), dengan desain penelitian Non Equivalent (pretest and posttest) control group design. Teknik sampel yang digunakan adalah Purpossive Sampling, dengan jumlah sampel 61 siswa yang terbagi dalam kedua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas ekperimen. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan t-Test dan regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil sebagai berikut : (1) Terdapat perbedaan keaktifan belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (2) Terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division terhadap keaktifan belajar siswa; (4) Terdapat pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division terhadap hasil belajar siswa; (5) Terdapat pengaruh keaktifan belajar terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C19152
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Keaktifan Belajar, dan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division.
Subjects: S > S774 Study and teaching
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Mr Supriyana Supriyana
Date Deposited: 14 Jan 2020 01:55
Last Modified: 14 Jan 2020 01:55
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/3425

Actions (login required)

View Item View Item