Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Kopi Palasari Pada Kelompok Tani Hutan Giri Senang di Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung

HIDAYAT, Syahrul Holis (2019) Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Kopi Palasari Pada Kelompok Tani Hutan Giri Senang di Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
COVER.pdf

Download (38kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Daftarpustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (861kB)

Abstract

Kecamatan Cilengkrang merupakan salah satu kecamatan penghasil kopi di Kabupaten Bandung. Perubahan kondisi lingkungan pasar akan mempengaruhi strategi pemasaran yang diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi faktor internal dan eksternal dalam pemasaran penjualan kopi. (2) Merumuskan alternatif strategi yang dapat diterapkan dalam memasarkan kopi. (3) Menentukan prioritas strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan dalam memasarkan kopi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli-Agustus 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Penentuan responden menggunakan metode purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis matriks IFE dan EFE, analisis matriks IE, matriks SWOT, Matriks QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) a. Lingkungan internal pemasaran berada pada posisi rata-rata. Kekuatan utama yaitu faktor kualitas kopi yang dihasilkan bermutu tinggi. Sedangkan kelemahan utama yaitu faktor lokasi produksi dan pemasaran yang belum mudah dijangkau konsumen. b. Lingkungan eksternal pemasaran berada pada posisi sedang. Peluang utama yaitu faktor dukungan yang cukup baik dari pemda setempat. Sedangkan ancaman utama yaitu faktor masyarakat yang kritis dengan harga (3) Kelompok Tani Hutan Giri Senang berada pada hold and maintain strategy, sehingga strategi dilakukan adalah penetrasi pasar dan pengembangan produk (4) Prioritas utama strategi yang dihasilkan adalah mengembangkan daya saing produk dan memperluas jangkauan pasar lokal dan ekspor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A19087
Uncontrolled Keywords: Kopi, strategi pemasaran, SWOT, QSPM
Subjects: C > C518 Coffee
M > M80 Marketing
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Mr Supriyana Supriyana
Date Deposited: 18 Feb 2020 02:18
Last Modified: 18 Feb 2020 02:18
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/3739

Actions (login required)

View Item View Item