Pengaruh Media Visual, Kesiapan dan Motivasi Belajar Terhadap Minat Belajar Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Purwokerto

ANGGRAINI, Rizka Puput (2018) Pengaruh Media Visual, Kesiapan dan Motivasi Belajar Terhadap Minat Belajar Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (235kB)
[img] PDF (BabI)
BabI_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (BabII)
BabII_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] PDF (BabIII)
BabIII_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (BabIV)
BabIV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] PDF (BabV)
BabV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DaftarPustaka_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) media visual terhadap minat belajar pelajaran ekonomi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Purwokerto; 2) kesiapan belajar terhadap minat belajar pelajaran ekonomi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Purwokerto; 3) motivasi belajar terhadap minat belajar pelajaran ekonomi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Penelitian ini mengambil judul “Pengaruh Media Visual, Kesiapan dan Motivasi Belajar Terhadap Minat Belajar Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 PURWOKERTO”. Jumlah responden yang diambil dalam penelitian ini adalah 106 responden. Pengambilan sample dalam penelitian ini menggunakan Teknik Proportional Simple Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan kuesioner. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisis data terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linieritas. Kemudian di analisis menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menurut jawaban responden tentang media visual sebesar 43,02% menjawab setuju, hal tersebut menunjukkan bahwa pengaruh media visual bagi responden tinggi. Mengenai kesiapan belajar responden paling banyak memilih jawaban kurang setuju yaitu sebesar 34,20% yang berarti kesiapan belajar responden berada pada kategori cukup tinggi. Mengenai motivasi belajar responden paling banyak memilih jawaban setuju dengan presentase 37,81% yang berarti motivasi belajar responden berada pada kategori tinggi. Mengenai minat belajar responden paling banyak memilih jawaban setuju dengan presentase 36,36% yang berarti bahwa minat belajar responden berada pada kategori tinggi. Melalui uji asumsi klasik diketahui bahwa data berdistribusi normal, data bersifat homogen, dan antar variabel memiliki hubungan linier. Diperoleh persamaan regresi untuk penelitian ini Y = -0,443 + 0,285 + 0,599 + 0,224 , sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel bebas (media visual, kesiapan belajar, dan motivasi belajar) terhadap variabel terikat (minat belajar). Namun apabila ketiga variabel bebas tersebut tidak mengalami perubahan atau konstan maka akan terjadi penurunan pada minat belajar siswa. Menurut hasil uji F diperoleh nilai 67,703 sedangkan sebesar 2,694, dengan demikian > maka model dalam penelitian ini dinyatakan cocok atau fit. Sedangkan hasil pengujian secara parsial diperoleh dengan tingkat signifikansi 5% untuk masing-masing variabel diantaranya untuk media visual kesiapan belajar , dan untuk motivasi belajar Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial diantara masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C18083
Uncontrolled Keywords: Media visual, Kesiapan Belajar, Motivasi Belajar, dan Minat Belajar.
Subjects: S > S774 Study and teaching
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Endang Kasworini
Date Deposited: 23 Jul 2020 13:54
Last Modified: 23 Jul 2020 13:54
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/4601

Actions (login required)

View Item View Item