Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya, Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Purwokerto

ANEKE, Alifa Rosalita (2018) Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya, Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (120kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (137kB)
[img] PDF (BabI)
BabI_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (BabII)
BabII_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] PDF (BabIII)
BabIII_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] PDF (BabIV)
BabIV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] PDF (BabV)
BabV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DaftarPustaka_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Penelitian ini mengambil judul “Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya, Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Purwokerto”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pergaulan teman sebaya, motivasi belajar dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS dan kelas XI MIPA yang mengikuti mata pelajaran ekonomi di SMA N 4 Purwokerto yang berjumlah 236 siswa, dengan menggunakan rumus slovin diperoleh sampel sebanyak 150 responden. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur yang menunjukan bahwa: 1) Pergaulan teman sebaya berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA N 4 Purwokerto. 2) Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA N 4 Purwokerto. 3) Kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA N 4 Purwokerto. Implikasi dari penelitian ini adalah Penelitian dilaksanakan di SMA N 4 Purwokerto, diharapkan untuk penelitian selanjutnya agar menambah variabel penelitian maupun melakukan penelitian di sekolah lain sehingga dapat mendukung dan menambah cakupan penelitian. Sebaiknya guru memperhatikan lingkungan pergaulan teman sebaya siswa agar siswa dapat membentuk dan mengembangkan motivasi dalam belajar yang bersifat positif serta kemauan kemandirian belajar siswa yang tinggi. Sedangkan bagi siswa diharapkan dapat belajar dengan memilih dan memanfaatkan pergaulan dalam lingkungan teman sebaya di lingkungan sekolah ataupun lingkungan luar sekolah guna mengembangkan motivasi belajar dan meningkatkan kemandirian belajar dalam diri siswa. Selain itu orang tua diharapkan dapat lebih memperhatikan anak baik dalam hal kegiatan belajar maupun dalam bergaul dengan temannya agar siswa bisa lebih meningkatkan prestasi belajarnya di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C18148
Uncontrolled Keywords: Pergaulan Teman Sebaya, Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar.
Subjects: A > A19 Academic achievement
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Endang Kasworini
Date Deposited: 30 Jul 2020 02:52
Last Modified: 30 Jul 2020 02:52
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/4681

Actions (login required)

View Item View Item