Pengaruh Religiusitas, Self Efficacy, dan Kecerdasan Emosional Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP N) 8 Purwokerto

ASRIANI, Rifqi Ayu (2018) Pengaruh Religiusitas, Self Efficacy, dan Kecerdasan Emosional Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP N) 8 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
[img] PDF (Abtrak)
Abstrak_1.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (BabI)
BabI_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (BabII)
BabII_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img] PDF (BabIII)
BabIII_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] PDF (BabIV)
BabIV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] PDF (BabV)
BabV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DaftarPustaka_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan responden siswa kelas VII. Penelitian berjudul : “ Pengaruh Religiusitas, Self Efficacy, dan Kecerdasan Emosional Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP N) 8 Purwokerto ”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh religiusitas, self efficacy, dan kecerdasan emosional terhadap perilaku kecurangan akademik. Sampel penelitian diambil dari populasi kelas VII SMP N 8 Purwokerto secara random sampling untuk pemilihan kelas sejumlah 6 kelas pada 173 responden. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan regresi linear berganda menunjukkan bahwa : (1) Religiusitas berpengaruh negatif terhadap perilaku kecurangan akademik, (2) Self efficacy berpengaruh negatif terhadap perilaku kecurangan akademik, (3) Kecerdasan emosional berpengaruh negatif terhadap perilaku kecurangan akademik. Implikasi dari kesimpulan diatas yaitu dalam upaya mengurangi perilaku kecurangan akademik khususnya pada siswa kelas VII, sebaiknya perlu adanya pemahaman yang selaras guna peningkatan pemahaman nilai dan ajaran agama bahwa pelaksanaan ritualitas tidak hanya sebatas untuk penggugur kewajiban sehingga agama bukan sekadar formalitas semata. Diperlukan pemahaman serta mampu mengetahui potensi diri dan keseimbangan antara kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), dan kecerdasan spiritual (SQ) dalam penerapan di kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C18273
Subjects: A > A20 Academic degrees
F > F354 Fraud
H > H305 Human behavior
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Endang Kasworini
Date Deposited: 10 Aug 2020 07:32
Last Modified: 10 Aug 2020 07:32
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/4830

Actions (login required)

View Item View Item