Pengaruh pola belajar, kepercayaan diri dan manajemen waktu terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 2 Purwokerto

OKTAFIANTI, Khikmatun (2018) Pengaruh pola belajar, kepercayaan diri dan manajemen waktu terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 2 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (119kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (140kB)
[img] PDF (BabI)
BabI_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (BabII)
BabII_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] PDF (BabIII)
BabIII_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (BabIV)
BabIV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (BabV)
BabV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DaftarPustaka_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (696kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pola Belajar, Kepercayaan Diri dan Manajamenen waktu terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 2 Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pola belajar, kepercayaan diri dan manajemen waktu terhadap prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dan kelas VIII SMP Negeri 2 Purwokerto yaitu sebanyak 205 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan Teknik Proporsional Random Sampling yang diperoleh sampel sebanyak 138 responden. Teknik analisis penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda yang menunjukkan bahwa: 1) Pola belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar. 2) Kepercayaan diri berpengaruh positif terhadap prestasi belajar. 3) Manajemen waktu berpengaruh positif terhadap prestasi belajar. Implikasi dari penelitian ini adalah diharapkan untuk penelitian selanjutnyaa menambahkan variabel-variabel bebas lainnya. Jika dimungkinkan secara teori maupun praktik, peneliti selanjutnya juga perlu melakukan pengembangan model penelitian dengan menambahkan variabel pemoderasi. Peneliti selanjutnya juga perlu memperluas cakupan penelitian agar hasil penelitian nantinya dapat lebih obyektif dan dapat digeneralisasikan. Sebaiknya siswa perlu memperhatikan pola belajar, kepercayaan diri dan manajemen waktu. Cara yang dapat dilakukan diantaranya adalah dengan membiasakan diri untuk terus meluangkan waktu belajar di setiap kesempatan, meningkatkan kedisiplinan, menerapkan pola belajar yang tepat sesuai dengan kemampuan dan kebiasaan dari masing-masing siswa, meningkatkan kepercayaan diri dan mengatur serta mengelola waktu yang dimiliki secara efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C18314
Uncontrolled Keywords: Pola Belajar, Kepercayaan Diri, Manajemen Waktu, Prestasi Belajar
Subjects: A > A19 Academic achievement
P > P612 Psychology of learning
S > S769 Students
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Endang Kasworini
Date Deposited: 12 Aug 2020 09:04
Last Modified: 12 Aug 2020 09:04
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/4886

Actions (login required)

View Item View Item