Pengaruh Pemberian Berbagai Macam Nutrisi terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tiga Varietas Tanaman Selada (Lactuca Sativa L.) pada Hidroponik Sistem Rakit Apung (Floating Hydroponics Raft System)

DARYANTO, Daryanto (2017) Pengaruh Pemberian Berbagai Macam Nutrisi terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tiga Varietas Tanaman Selada (Lactuca Sativa L.) pada Hidroponik Sistem Rakit Apung (Floating Hydroponics Raft System). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (140kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas dan bagian awal TA_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] PDF (BabI)
Bab.I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (BabII)
Bab.II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab.III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab.IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (BabV)
Bab.V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] PDF (Dafarpustaka)
Daftar pustaka_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Selada (Lactuca sativa L.) merupakan salah satu komoditas sayuran hortikultura yang dapat tumbuh di daerah sub tropis maupun tropis. Tanaman selada memiliki prospek dan nilai komersial yang cukup tinggi, semakin bertambahnya jumlah penduduk Indonesia akan menyebabkan bertambahnya permintaan akan selada. Selada memiliki prospek yang bagus untuk dikembangkan, akan tetapi ada salah satu kendala dalam pengembangan budidaya selada yaitu semakin menyusutnya lahan pertanian di Indonesia. Maka perlu penggunaan teknologi budidaya yang tepat. Salah satu teknologi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melalui metode budidaya hidroponik. Hidroponik adalah sistem budidaya tanaman dengan menggunakan media air atau water culture. Hidroponik sistem rakit apung merupakan salah satu teknologi hidroponik dengan metode penanaman tanaman di atas panel–panel styrofoam yang diapungkan dalam kolam dengan ukuran dan volume larutan hara yang besar sehingga dapat menekan fluktuasi larutan hara, meliputi EC, pH, dan suhu. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengkaji pengaruh pemberian berbagai macam nutrisi terhadap pertumbuhan dan hasil selada, (2) mendapatkan varietas yang terbaik dari tiga varietas selada yang ditanam pada hidroponik sistem rakit apung, (3) mengetahui pengaruh interaksi antara jenis nutrisi dengan varietas terhadap pertumbuhan dan hasil selada pada hidroponik sistem rakit apung. Penelitian ini dilaksanakan di Screen house Pondok Pesantren, Dukuh Waluh, Purwokerto, dengan ketinggian tempat 100 m di atas permukaan laut. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2016 sampai Januari 2017. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial dengan dua faktor. Faktor pertama adalah jenis nutrisi (N) terdiri dari tiga jenis, yaitu AB mix 1 (N1), AB mix 2 (N2), dan AB mix 3 (N3). Faktor kedua adalah varietas selada (V) terdiri dari tiga macam, yaitu Chris Green (V1), Fion Green (V2), dan New Grand Rapid (V3). Variabel pengamatan meliputi tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, panjang akar, volume akar, bobot basah tajuk, bobot basah akar, bobot kering tajuk, bobot kering akar, dan kandungan klorofil. Data yang diperoleh diuji dengan menggunakan uji F pada taraf kesalahan 5%, jika terdapat perbedaan nyata maka dilanjutkan dengan menggunakan uji jarak ganda Duncan (UJGD) pada taraf kesalahan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemberian berbagai macam nutrisi berpengaruh pada variabel luas daun, volume akar, panjang akar, dan bobot basah akar, nutrisi AB mix 1 merupakan jenis nutrisi terbaik untuk pertumbuhan tanaman selada secara hidroponik sistem rakit apung. (2) Varietas Chris Green (V1) menunjukkan hasil terbaik pada variabel jumlah daun, volume akar, panjang akar, bobot basah tajuk, bobot basah akar, bobot kering akar, dan kandungan klorofil. (3) Tidak ada pengaruh interaksi antara jenis nutrisi dengan varietas terhadap semua variabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A17167
Uncontrolled Keywords: Nutrisi, Selada, Hidroponik Sistem Rakit Apung
Subjects: F > F118 Fertility
H > H368 Hydroponics
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Teknik Pertanian
Depositing User: Mrs Endang Kasworini
Date Deposited: 30 Nov 2018 02:25
Last Modified: 16 Jan 2020 01:50
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/551

Actions (login required)

View Item View Item