Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Minat Pasien dalam pemanfaatan Ulang Pelayanan Poli Gigi Puskesmas di Kabupaten Banyumas

Rahmadhani, Ajud Karunia (2020) Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Minat Pasien dalam pemanfaatan Ulang Pelayanan Poli Gigi Puskesmas di Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Ajud karunia Rahmadhani-G1B016029-Skripsi-2020.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Ajud Karunia Rahmadhani-G1B016029-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Ajud Karunia Rahmadhani-G1B016029-Skripsi-2020.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Ajud Karunia Rahmadhani-G1B016029-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Ajud Karunia Rahmadhani-G1B016029-Skripsi-2020_.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Ajud Karunia Rahmadhani-G1B016029-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (BabIV)
BABIV-Ajud Karunia Rahmadhani-G1B016029-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Ajud Karunia Rahmadhani-G1B016029-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Ajud Karunia Rahmadhani-G1B016029-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Ajud Karunia Rahmadhani-G1B016029-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)

Abstract

Latar Belakang. Kurangnya keterjangkauan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gigi dan mulut dapat mempengaruhi derajat kesehatan. 70% poli gigi puskesmas di Kabupaten Banyumas memiliki angka kunjungan pasien lama lebih sedikit daripada pasien baru, hal ini menunjukkan adanya minat yang kurang dalam pamanfaatan ulang pelayanan.Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap minat pasien dalam pemanfaatan ulang pelayanan poli gigi puskesmas di Kabupaten Banyumas. Metode. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan rancangan penelitian cross sectional study. Populasi penelitian ini merupakan pasien baru poli gigi puskesmas di Kabupaten Banyumas. Sampel penelitian ini berjumlah 100 orang yang dipilih dengan simple random sampling pada 9 puskesmas dengan kriteria urban dan rural. Variabel bebas penelitin ini yaitu, usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, pendapatan, kepesertaan, persepsi kualitas pelayanan, jarak pelayanan, kepuasan pasien, dan persepsi citra merek (brand image). Variabel terikat penelitian ini yaitu minat pasien dalam pemanfaatan ulang pelayanan poli gigi puskesmas di Kabupaten Banyumas. Instrument penelitian ini menggunakan kuesioner dan wawancara. Analisis bivariat menggunakan uji chi-square dilanjutkan dengan uji kontingensi dan analisis multivariat menggunakan uji regresi logistik berganda. Hasil dan simpulan. Penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh persepsi kualitas pelayanan kesehatan (POR 7,049), kepuasan pasien (POR 10,594), persepsi citra merek (brand image) (POR 17,841), dan jarak pelayanan (POR 13,086) terhadap minat pasien dalam pemanfaatan ulang pelayanan poli gigi puskesmas di Kabupaten Banyumas. Persepsi citra merek (brand image) (POR 17,841) merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap minat pasien dalam pemanfaatan ulang pelayanan poli gigi puskesmas di Kabupaten Banyumas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: G20064
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan pelayanan; poli gigi; puskesmas
Subjects: D > D98 Dental care
H > H47 Health
Divisions: Fakultas Kedokteran > S1 Pendidikan Dokter Gigi
Depositing User: Mrs Ajud Karunia Rahmadhani
Date Deposited: 17 Nov 2020 01:21
Last Modified: 17 Nov 2020 01:21
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/6043

Actions (login required)

View Item View Item