Tanggung Jawab New Garuda Ban sebagai Pelaku Usaha terhadap Konsumen atas Kerugian yang dideritanya Berdasarkan Undang Undang Nomor 8 Tahun 1999 (Kajian terhadap Keputusan BPSK Kota Cirebon Nomor 002/KPT/BPSK/II/2017)

ABIANKO, Ivan (2018) Tanggung Jawab New Garuda Ban sebagai Pelaku Usaha terhadap Konsumen atas Kerugian yang dideritanya Berdasarkan Undang Undang Nomor 8 Tahun 1999 (Kajian terhadap Keputusan BPSK Kota Cirebon Nomor 002/KPT/BPSK/II/2017). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (114kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (967kB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (169kB)
[img] PDF (BabI)
BabI_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (BabII)
BabII_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] PDF (BabIII)
BabIII_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (BabIV)
BabIV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] PDF (BabV)
BabV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DaftarPustaka_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)

Abstract

Undang – Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen telah mengatur tentang kewajiban yang harus dilakukan oleh pelaku usaha di dalam Pasal 7 dan tanggung jawab yang harus dilakukan oleh pelaku usaha pada Pasal 19 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen namun tetap saja ada pelaku usaha yang tidak melaksanakan kewajibannya serta tidak mau bertanggung jawab atas kerugian yang diderita oleh konsumen mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggung jawab New Garuda Ban sebagai Pelaku Usaha jasa perbaikan setel roda / Spooring terhadap kerugian yang diderita oleh Konsumen dalam Keputusan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Kota Cirebon No.002/KPT/BPSK/II/2017 berdasarkan Undang – Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Metode pendekatan yang digunakan adalah metode pendekatan yuridis normatif dengan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan analisis. Data yang digunakan adalah data sekunder yang berupa peraturan perundangundangan dan buku literatur. Analisis data yang digunakan adalah analisis normatif kualitatif, dimana menjelaskan uraian-uraian fakta hukum kemudian dikaitkan dengan hasil penelitian yang ada. Hasil penelitian menyatakan bahwa Proses mediasi di Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Kota Cirebon berakhir dengan kesepakatan bahwa New Garuda Ban harus membayar uang sejumlah Rp 425.000,- kepada saudara E. Tri Surya sebagai bentuk tanggung jawab pelaku usaha kepada konsumennya karena telah melanggar hak konsumen tepatnya hak pada Pasal 4 huruf a dan h Undang – Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan juga karena pelaku usaha tidak memenuhi kewajibannya baik kewajiban yang telah diatur pada Pasal 7 Undang – Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen maupun kewajiban yang disepakati di dalam perjanjian yang telah dibuat sehingga pelaku usaha diwajibkan melakukan tanggung jawab kepada konsumennya seperti yang telah diatur pada Pasal 19 ayat (1) dan (2) Undang – Undang Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: E18149
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab, Pelaku usaha, Konsumen Jasa Perbaikan Setel Roda
Subjects: A > A170 Airports Security measures
C > C792 Consumer protection
L > L76 Law and legislation
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Mrs Endang Kasworini
Date Deposited: 20 Nov 2020 08:28
Last Modified: 20 Nov 2020 08:28
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/6382

Actions (login required)

View Item View Item