Determinants of Hijab Demand for Female Muslim Students at The Faculty of Economics and Business Jenderal Soedirman University

SAFIRA, Winie (2020) Determinants of Hijab Demand for Female Muslim Students at The Faculty of Economics and Business Jenderal Soedirman University. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover - Winie Safira - C1G016046 - Skripsi-2020.pdf

Download (119kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas - Winie Safira - C1G016046 - Skripsi-2020..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (855kB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak - Winie Safira - C1G016046 - Skripsi-2020.pdf

Download (570kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I - Winie Safira - C1G016046 - Skripsi-2020_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (894kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II - Winie Safira - C1G016046 - Skripsi-2020_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III - Winie Safira - C1G016046 - Skripsi-2020_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV - Winie Safira - C1G016046 - Skripsi-2020_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V - WInie Safira - C1G016046 - Skripsi-2020_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka - Winie Safira - C1G016046 - Skripsi-2020_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran - Winie Safira - C1G016046 - Skripsi-2020_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (919kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Determinants of Hijab Demand for Female Muslim Students at the Faculty of Economics and Business Jenderal Soedirman University”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh harga hijab, harga barang komplementer (harga pakaian Muslim), pendapatan, selera hijab, dan perilaku religiusitas terhadap permintaan hijab serta menganalisis elastisitas dan jenis elastisitas terhadap permintaan hijab mahasiswa perempuan Muslim di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer melalui kuisioner. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 1,478 mahasiswa perempuan Muslim tahun angkatan 2017 -2019. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Penentuan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan metode Yamane. Hasil perhitungan sampel dalam penelitian ini diperoleh sampel sebanyak 94 mahasiswi Muslim di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman. Metode analisis dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan pendekatan ordinary least square. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa secara bersama-sama semua variabel independen yaitu harga hijab (X1), harga barang komplementer atau harga pakaian Muslim (X2), pendapatan (X3), selera hijab (X4), dan perilaku religiositas (X5) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap permintaan hijab bagi mahasiswa perempuan Muslim di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman. Penelitian ini juga memberikan hasil bahwa secara parsial variabel harga hijab, variabel pendapatan dan variabel perilaku religiositas berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan hijab bagi mahasiswa perempuan Muslim di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman, sedangkan variabel harga barang komplementer (harga pakaian Muslim) dan variabel selera hijab tidak berpengaruh signifikan terhadap permintaan hijab bagi mahasiswa perempuan Muslim. Variabel yang paling berpengaruh melalui uji elastisitas pada penelitian ini yaitu variabel harga hijab yang merupakan variabel paling berpengaruh terhadap permintaan hijab dengan nilai elastisitas -0.553 dan jenis elastisitas bersifat inelastis (E<1). Implikasi dari penelitian ini adalah bagi penjual sebaiknya menurunkan atau menetapkan harga hijab dan harga barang komplementer namun dapat meningkatkan kualitas hijab dan pakaian Muslim. Bagi investor sebaiknya mencari wilayah yang bisa menghasilkan harga hijab dan pakaian yang lebih murah. Bagi konsumen sebaiknya tidak selalu mementingkan untuk mendapatkan harga yang murah, namun juga lebih mementingkan kualitas yang baik dari barang yang diinginkan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C20191
Uncontrolled Keywords: Permintaan Hijab, Harga Hijab, Harga Barang Komplementer, Pendapatan, Selera Hijab, Perilaku Religiositas.
Subjects: H > H305 Human behavior
S > S853 Supply and demand
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan
Depositing User: Mrs Winie Safira
Date Deposited: 07 Dec 2020 01:17
Last Modified: 07 Dec 2020 01:17
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/6776

Actions (login required)

View Item View Item