Analisis Kualitas Pelayanan Keluarga Berencana (KB) pada Akseptor KB Hormonal di Puskesmas Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas

INDRATI, Devi Dwi (2020) Analisis Kualitas Pelayanan Keluarga Berencana (KB) pada Akseptor KB Hormonal di Puskesmas Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Devi Dwi Indrati-I1A016042-Skripsi-2021.pdf

Download (286kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Devi Dwi Indrati-I1A016042-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (982kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Devi Dwi Indrati-I1A016042-Skripsi-2021.pdf

Download (252kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Devi Dwi Indrati-I1A016042-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Devi Dwi Indrati-I1A016042-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Devi Dwi Indrati-I1A016042-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Devi Dwi Indrati-I1A016042-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Devi Dwi Indrati-I1A016042-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Devi Dwi Indrati-I1A016042-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (675kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Devi Dwi Indrati-I1A016042-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB)

Abstract

Latar Belakang: Rendahnya jumlah peserta KB aktif di Puskesmas dapat dipengaruhi oleh kualitas pelayanan yang diberikan. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pasien. Kualitas pelayanan akan meningkatkan peserta KB baru dan memantapkan pemakaian kontrasepsi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan KB pada akseptor KB hormonal di Puskesmas Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas. Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan utama dalam penelitian ini adalah 7 akseptor KB hormonal di Puskesmas. Informan pendukung adalah Kepala Puskesmas dan 2 petugas KB di Puskesmas. Data penelitian didapat melalui wawancara mendalam, telaah dokumen dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah content analysis dengan pendekatan thematic network. Hasil Penelitian: Dimensi reliabilitas diketahui jenis KB menentukan lama pelayanan, waktu tunggu lebih dari satu jam dan dibutuhkan keterbukaan pasien. Daya tanggap diketahui membutuhkan peran konsultasi dan pelayanan tidak terjadwal didasarkan pada kesiapan alat serta tingkat kegawatan. Jaminan diketahui petugas memiliki kompetensi yang memadai dan pelayanan sesuai SOP namun pasien merasa ada petugas yang kurang ramah. Empati diketahui petugas mampu menempatkan diri pada pasien namun informasi yang diberikan petugas masih kurang dapat dipahami. Bukti fisik atau bukti langsung diketahui penampilan petugas sesuai protokol kesehatan dan fasilitas yang tersedia mencukupi serta layak pakai. Kesimpulan: Kualitas pelayanan dilihat dari dimensi reliabilitas (waktu tunggu, jenis KB dan keterbukaan pasien), dimensi daya tanggap (peran konsultasi dan kesiapan melayani kegawatan pasien), dimensi jaminan (kompetensi, keamanan operasi dan keramahan terhadap pasien), dimensi empati (kemampuan petugas menempatkan diri dan memahami pasien), dan dimensi bukti fisik atau bukti langsung (penampilan petugas dan kelengkapan fasilitas).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: I21004
Uncontrolled Keywords: Keluarga Berencana, Kualitas, Pelayanan
Subjects: H > H331 Human services
Q > Q2 Quality control
Divisions: Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Mrs Devi Dwi Indrati
Date Deposited: 14 Jan 2021 01:44
Last Modified: 14 Jan 2021 01:44
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/7007

Actions (login required)

View Item View Item