Analisis Kepuasan Berdasarkan Karakteristik Pasien Terhadap Kinerja Layanan Farmasi Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Periode Maret 2018

WULANDARI, Rahma Ayu (2018) Analisis Kepuasan Berdasarkan Karakteristik Pasien Terhadap Kinerja Layanan Farmasi Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Periode Maret 2018. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER_Rahma Ayu Wulandari_G1F013080_Skripsi_1.pdf

Download (163kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS_Rahma Ayu Wulandari_G1F013080_Skripsi_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (712kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK_Rahma Ayu Wulandari_G1F013080_Skripsi_1.pdf

Download (124kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I_Rahma Ayu Wulandari_G1F013080_Skripsi_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II_Rahma Ayu Wulandari_G1F013080_Skripsi_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III_Rahma Ayu Wulandari_G1F013080_Skripsi_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV_Rahma Ayu Wulandari_G1F013080_Skripsi_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V_Rahma Ayu Wulandari_G1F013080_Skripsi_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA_Rahma Ayu Wulandari_G1F013080_Skripsi_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_Rahma Ayu Wulandari_G1F013080_Skripsi_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar Belakang: Kualitas layanan farmasi di instalasi farmasi rumah sakit dapat dievaluasi dengan mengukur kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan berdasarkan karakteristik pasien terhadap kinerja layanan farmasi di instalasi farmasi rawat jalan RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo. Metodologi: Penelitian ini merupakan studi observasional dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel stratified random sampling kepada 400 pasien rawat jalan yang mendapatkan layanan farmasi sesuai dengan kriteria inklusi. Analisis tingkat kepuasan pasien diukur dengan kuesioner yang membandingkan kinerja layanan farmasi dengan harapan pasien. Data karakteristik pasien dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney pada karakteristik jenis kelamin, pendidikan terakhir, dan status pekerjaan serta uji Kruskal-Wallis pada karakteristik usia pasien. Data kinerja, harapan dan kepuasan pasien dianalisis secara deskriptif dengan menilai skor rata-rata dan tingkat kepuasan. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata tingkat kinerja dan harapan termasuk dalam ketegori tinggi. Rata-rata keseluruhan item dari perbandingan nilai kinerja dan kenyataan sebesar 0,86 temasuk dalam klasifikasi kepuasan tinggi. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada karakteristik jenis kelamin terhadap kepuasan pasien (p>0,05), serta terdapat perbedaan signifikan pada karakteristik usia, tingkat pendidikan dan pekerjaan terhadap kepuasan pasien (p<0,05). Kesimpulan: Pasien merasa puas dengan layanan farmasi di instalasi farmasi rawat jalan RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo dan tidak ada perbedaan kepuasan pasien pada karakteristik jenis kelamin, namun terdapat perbedaan kepuasan pasien pada karakteristik usia, tingkat pendidikan dan pekerjaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: G18299
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, layanan farmasi, karakteristik pasien, Rumah Sakit
Subjects: J > J56 Job satisfaction
P > P202 Pharmacy
Divisions: Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Farmasi
Depositing User: Mrs Zahra Madani
Date Deposited: 18 Feb 2021 03:35
Last Modified: 18 Feb 2021 03:35
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/7957

Actions (login required)

View Item View Item