Laki-laki di Mata 'Perempuan'(Analisis Wacana Kritis Teun a. Van Dijk pada Magdalene.co)

RASHIKA, Valentiana Edsa (2021) Laki-laki di Mata 'Perempuan'(Analisis Wacana Kritis Teun a. Van Dijk pada Magdalene.co). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Valentiana Edsa Rashika-F1C017046-skripsi-2021.pdf

Download (142kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Valentiana Edsa Rashika-F1C017046-skripsi-2021.pdf

Download (740kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Valentiana Edsa Rashika-F1C017046-skripsi-2021.pdf

Download (538kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Valentiana Edsa Rashika-F1C017046-skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Valentiana Edsa Rashika-F1C017046-skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Valentiana Edsa Rashika-F1C017046-skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Valentiana Edsa Rashika-F1C017046-skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (697kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Valentiana Edsa Rashika-F1C017046-skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR-PUSTAKA-Valentiana Edsa Rashika-F1C017046-skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Valentiana Edsa Rashika-F1C017046-skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB)

Abstract

Majalah cetak maupun elektronik masih eksis di kalangan masyarakat Indonesia. Pada tahun 2018 tercatat jumlah pembacanya mencapai 19,24% (Badan Pusat Statistik, 2019). Kehadiran majalah sebagai media menurut pandangan kritis erat kaitannya dengan pertarungan kekuatan ekonomi, politik, dan sosial di masyarakat (Eriyanto, 2015). Hal ini menyebabkan ide-ide kelompok dominan yang masih banyak ditemui pada majalah termasuk mengenai maskulinitas dan relasinya dengan perempuan. Media sebagai agen sosialisasi gender mampu menentukan dan memperkuat yang menanamkan kesadaran serta mitos tertentu di masyarakat (Azis, Cangara, & Bahfiarti, 2015). Oleh karena itu, media juga dapat berperan untuk mengubah wacana terkait maskulinitas yang tidak hanya sebagai cerminan realitas identitas gender di dalam dunia sosial (Devereux, 2014). Magdalene.co sebagai salah satu majalah feminis berbasis elektronik di Indonesia ditemui tulisan-tulisan yang memuat nilai-nilai maskulinitas. Pada kurun waktu Januari 2018 – Desember 2019, ditemui empat artikel yang kemudian digunakan pada penelitian ini. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif-deskriptif dengan teknik analisis tekstual, wawancara mendalam, dan kajian pustaka. Kemudian untuk menganalisisnya digunakan model analisis wacana kritis yang dikembangkan oleh Teun A. van Dijk dan teori hierarki pengaruh isi media yang dikemukakan oleh Shoemaker & Reese. Hasil penelitian menemukan bahwa Magdalene.co mewacanakan mengenai pendobrakan nilai maskulinitas tradisional dan relasi antara laki-laki dan feminisme. Laki-laki dipandang Magdalene.co sebagai mitra yang diharapkan dapat berelasi secara sehat untuk mencapai kesetaraan. Wacana ini dipengaruhi oleh bagaimana ideologi yang dimiliki oleh pekerja Magdalene.co dalam memandang fenomena mengenai maskulinitas dan peran laki-laki pada feminisme. Strategi keterlibatan laki-laki dalam feminisme yang diwacanakan oleh Magdalene.co dapat diidentifikasi berdasarkan empat tahap yang dikemukakan Hasyim (2020) yaitu, membuka selubung keistimewaan dan kekuasaan laki-laki, melakukan transformasi terhadap konsep maskulinitas patriarkis, konsep laki-laki baru sebagai cerminan kesetaraan dan keadilan, dan peran laki-laki sebagai sekutu perempuan dalam mencapai kesetaraan gender. Oleh karena itu, keberadaan laki-laki dinilai penting untuk turut serta menggaungkan kesetaraan gender yang diperjuangkan oleh feminisme.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F21070
Uncontrolled Keywords: Analisis Wacana Kritis, Majalah Perempuan, Van Dijk, Maskulinitas, Relasi Gender, Magdalene.co
Subjects: M > M107 Masculinity
N > N141 Newspaper advertising
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Valentiana Edsa Rashika
Date Deposited: 19 Feb 2021 08:23
Last Modified: 19 Feb 2021 08:23
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/8203

Actions (login required)

View Item View Item