Karakteristik Kecelakaan Lalu Lintas dan Analisis Lokasi Black Spot di Kabupaten Bogor

ASTARINA, Levana (2018) Karakteristik Kecelakaan Lalu Lintas dan Analisis Lokasi Black Spot di Kabupaten Bogor. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (115kB)
[img] PDF (BabI)
BabI_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] PDF (BabII)
BabII_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (871kB)
[img] PDF (BabIII)
BabIII_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (BabIV)
BabIV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BabV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DaftarPustaka_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)

Abstract

Salah satu masalah yang sering terjadi di jalan raya adalah kecelakaan lalu lintas. Selama tahun 2016, tercatat 357 kejadian kecelakaan lalu lintas dengan korban meninggal dunia sebanyak 195 jiwa yang terjadi di Kabupaten Bogor. Salah satu faktor penyumbang tingginya angka kecelakaan lalu lintas adalah adanya lokasi rawan kecelakaan lalu lintas (black spot). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik kecelakaan lalu lintas dan menentukan lokasi black spot dengan metode UCL (Upper Control Limit) serta menyusun rekomendasi sebagai upaya penanganan lokasi black spot berdasarkan hasil audit defisiensi infrastruktur keselamatan jalan. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa karakteristik kecelakaan lalu lintas dari tahun 2014-2016 berdasarkan bulan terjadinya, paling sering terjadi di bulan Mei pada pukul 00.00 - 06.00 WIB. Tingkat fatalitas korban kecelakaan didominasi oleh korban luka berat. Jenis tabrakan yang sering terjadi adalah tabrakan depan-depan dengan kendaraan yang paling banyak terlibat kecelakaan adalah sepeda motor. Lokasi black spot yang diperoleh dengan menggunakan metode UCL yaitu Jl. Sentul-Kandang Roda, Jl. Tegar Beriman, dan Jl. Kemang-Kedungwaringin. Dari hasil audit defisiensi keselamatan jalan, rekomendasi yang dapat diberikan adalah: (1) Jl. Sentul-Kandang Roda dan Jl. Tegar Beriman dengan memasang rambu batas kecepatan maksimum sebesar 40 km/jam. (2) Jl. Kemang-Kedungwaringin dengan memperbaiki keseluruhan kerusakan perkerasan jalan serta memasang rambu batas kecepatan maksimum sebesar 30 km/jam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: H18006
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan lalu lintas, black spot, metode UCL, audit defisiensi infrastruktur keselamatan jalan.
Subjects: T > T255 Traffic accidents
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Mrs Endang Kasworini
Date Deposited: 23 Feb 2021 07:44
Last Modified: 23 Feb 2021 07:44
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/8306

Actions (login required)

View Item View Item