Deskripsi Strategi Belajar Kognitif dan Metakofnitif sebagai Bagian Self-Regulated Leraning dari Mahasiswa FK Unsoed Angkatan 2017 selama Periode Pembelajaran Daring

ARIEZAPUTRA, Dendy (2021) Deskripsi Strategi Belajar Kognitif dan Metakofnitif sebagai Bagian Self-Regulated Leraning dari Mahasiswa FK Unsoed Angkatan 2017 selama Periode Pembelajaran Daring. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Dendy Ariezaputra-G1A017054-Skripsi-2021.pdf

Download (73kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Dendy Ariezaputra-G1A017054-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Dendy Ariezaputra-G1A017054-Skripsi-2021.pdf

Download (235kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Dendy Ariezaputra-G1A017054-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Dendy Ariezaputra-G1A017054-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Dendy Ariezaputra-G1A017054-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Dendy Ariezaputra-G1A017054-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Dendy Ariezaputra-G1A017054-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Dendy Ariezaputra-G1A017054-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Dendy Ariezaputra-G1A017054-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang : Pandemi COVID-19 menyebabkan pembelajaran dilakukan secara dalam jaringan (daring). Kondisi ini menyebabkan kemampuan pembelajar menerapkan strategi belajar self-regulated learning (SRL) menjadi hal yang penting. Data deskripsi strategi belajar mahasiswa dapat memberikan gambaran mengenai proses adaptasi mereka dalam pembelajaran daring. Institusi dapat memanfaatkan data tersebut sebagai bahan monitoring dan evaluasi sistem pembelajaran daring yang telah dilaksanakan. Tujuan : Untuk mengetahui deskripsi strategi belajar kognitif dan metakognitif sebagai bagian SRL dari mahasiswa FK Unsoed Angkatan 2017 selama masa pembelajaran daring. Metode : Penelitian deskriptif dengan total sampling dari data hasil kuesioner Gugus Pengendali Mutu (GPM) FK Unsoed. Hasil analisis unvariat untuk menunjukan distribusi frekuensi berdasarkan sub komponen strategi belajar dan frekuensi penggunaannya. Hasil : Strategi belajar terbanyak dipilih berdasarkan subkomponen strategi belajar kogntif dan metakognitif adalah rehearsal : “Membaca catatan atau materi tertulis dalam hati secara berulang-ulang.” dan “Menggunakan kartu (flash card) atau sejenisnya untuk menulis informasi yang harus dihafalkan” ; elaboration: “Menggunakan sumber yang bervariasi dalam menyusun laporan penelitian saya.” dan “Menggunakan sumber belajar dari perpustakaan untuk menemukan informasi yang dibutuhkan.”; organization : “Mengubah/merepresentasikan data kuantitatif ke dalam grafik/diagram.”; critical thinking : “Mempertanyakan hal-hal yang saya dengar atau baca guna meyakinkan saya.”; metacognition self-regulation :” Saya terbuka pada umpan balik untuk meningkatkan hasil pekerjaan saya”. Frekuensi strategi belajar terbanyak pada tiap sub komponen adalah: rehearsal: “sering, tidak selalu”; elaboration: “jarang atau sesekali”; organization: “jarang atau sesekali”; critical thinking: “jarang atau sesekali”; metacognitive self-regulatuion: “sering, tidak selalu” Kesimpulan : Sebagian besar mahasiswa sering menggunakan strategi belajar metacognitive self-regulation.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: G21068
Uncontrolled Keywords: daring, kognitif, metakognitif, strategi belajar, SRL
Subjects: C > C563 Colleges and universities
I > I252 Internet
I > I64 Independent study
T > T61 Technical education
Divisions: Fakultas Kedokteran > S1 Pendidikan Dokter
Depositing User: Mr Dendy Ariezaputra
Date Deposited: 22 Feb 2021 04:37
Last Modified: 22 Feb 2021 04:37
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/8338

Actions (login required)

View Item View Item