Pengaruh Consumer Ethical Beliefs terhadap Niat Beli Produk Hijau dengan Pengetahuan Produk Hijau sebagai Variabel Pemoderasi

ANWAR, Khoirul (2021) Pengaruh Consumer Ethical Beliefs terhadap Niat Beli Produk Hijau dengan Pengetahuan Produk Hijau sebagai Variabel Pemoderasi. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Khoirul Anwar-C2C018038-Tesis-2021.pdf

Download (369kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Khoirul Anwar-C2C018038-Tesis-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Khoirul Anwar-C2C018038-Tesis-2021.pdf

Download (481kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Khoirul Anwar-C2C018038-Tesis-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Khoirul Anwar-C2C018038-Tesis-2021_removed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Khoirul Anwar-C2C018038-Tesis-2021_removed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (823kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Khoirul Anwar-C2C018038-Tesis-2021_removed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Khoirul Anwar-C2C018038-Tesis-2021_removed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Khoirul Anwar-C2C018038-Tesis-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Khoirul Anwar-C2C018038-Tesis-2021_removed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian survei pada followers akun instagram zerowaste.id_official. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Consumer Ethical Beliefs terhadap Niat Beli Produk Hijau dengan Pengetahuan Produk Hijau sebagai Variabel Pemoderasi”. Consumer ethical beliefs merupakan seperangkat nilai moral yang digunakan oleh konsumen dalam menentukan baik dan buruknya suatu tindakan. Vitell dan munchy (2005) menyusun model pengukuran consumer ethical beliefs dengan istilah consumer ethic scale (CES) yang terdiri atas enam dimensi yaitu: actively benefiting from illegal activity, passively benefiting at the expense of others, actively benefiting from questionable behavior, no harm/no foul activities, recycling dan doing good. Etika telah banyak diteliti oleh para akademisi dan dinyatakan sebagai anteseden pembelian produk ramah lingkungan, meskipun begitu masih banyak perbedaan hasil penelitian yang terus diperdebatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh actively benefiting from illegal activity, passively benefiting at the expense of others, actively benefiting from questionable behavior, no harm/no foul activities, recycling dan doing good terhadap niat beli produk hijau dengan pengetahuan produk hijau sebagai variabel moderasi. Populasi penelitian ini adalah followers akun instagram zerowaste.id_official. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 328 responden. Penentuan sampel menggunakan teknik accidental sampling method.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA) menunjukan bahwa: (1) actively benefiting from illegal activitytidak berpengaruh terhadap niat beli produk hijau, (2) passively benefiting at the expense of others tidak berpengaruh terhadap niat beli produk hijau, (3) actively benefiting from questionable behavior tidak berpengaruh terhadap niat beli produk hijau, (4) no harm/no foul activities behavior tidak berpengaruh terhadap niat beli produk hijau, (5) recycling berpengaruh terhadap niat beli produk hijau, (6) doing good berpengaruh terhadap niat beli produk hijau, (7) pengetahuan produk hijau tidak memoderasi pengaruh actively benefiting from illegal activities terhadap niat beli produk hijau, (8) pengetahuan produk hijau tidak memoderasi pengaruh passively benefiting at the expense of others terhadap niat beli produk hijau, (9) pengetahuan produk hijau tidak memoderasi pengaruh actively benefiting from questionable behavior terhadap niat beli produk hijau, (10) pengetahuan produk hijau tidak memoderasi pengaruh no harm/ no foul berpengaruh terhadap niat beli produk hijau, (11) pengetahuan produk hijau memoderasi pengaruh kesadaran daur ulang (recycling) terhadap niat beli produk hijau, (12) pengetahuan produk hijau memoderasi pengaruh berbuat baik (Do Good) terhadap niat beli produk hijau. Kata Kunci: Consumer Ethical Beliefs, Actively Benefiting from Illegal Activity, Passively Benefiting at the Expense of Others, Actively Benefiting from Questionable Behavior, No Harm/No Foul Activities, Recycling, Doing Good, Pengetahuan Produk Hijau, Niat Beli Produk Hijau

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P21029
Uncontrolled Keywords: Consumer Ethical Beliefs, Actively Benefiting from Illegal Activity, Passively Benefiting at the Expense of Others, Actively Benefiting from Questionable Behavior, No Harm/No Foul Activities, Recycling, Doing Good, Pengetahuan Produk Hijau, Niat Beli Produk Hijau
Subjects: C > C790 Consumer goods
E > E420 Ethical aspects
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen
Depositing User: Mr KHOIRUL ANWAR
Date Deposited: 23 Feb 2021 13:14
Last Modified: 23 Feb 2021 13:14
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/8433

Actions (login required)

View Item View Item