Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dengan Media Pembelajaran Kokami Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik MAN 2 Banyumas Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Pelajaran 2020/2021

ARLIANTI, Dwi Yuna Gusmi (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dengan Media Pembelajaran Kokami Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik MAN 2 Banyumas Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Dwi Yuna Gusmi Arlianti-C1L016023-Skripsi-2021.pdf

Download (508kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Dwi Yuna Gusmi Arlianti-C1L016023-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Dwi Yuna Gusmi Arlianti-C1L016023-Skripsi-2021.pdf

Download (588kB)
[img] PDF (Bab1)
BAB-I-Dwi Yuna Gusmi Arlianti-C1L016023-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Dwi Yuna Gusmi Arlianti-C1L016023-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Dwi Yuna Gusmi Arlianti-C1L016023-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Dwi Yuna Gusmi Arlianti-C1L016023-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Dwi Yuna Gusmi Arlianti-C1L016023-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Dwi Yuna Gusmi Arlianti-C1L016023-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Dwi Yuna Gusmi Arlianti-C1L016023-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (878kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif pada kelas XI IPA MAN 2 Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk: menganalisis perbedaan hasil belajar Ekonomi antara model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dengan media pembelajaran kotak dan kartu misterius (KOKAMI) MAN 2 Banyumas. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik MAN 2 Banyumas. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling di mana kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah: Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Tingkat Kesukaran Soal, Daya Pembeda Soal, Uji Normalitas, dan Uji t beda, Gain Ternormalisasi (N-Gain). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menggunakan SPSS 24 menunjukkan bahwa: terdapat perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dengan media pembelajaran KOKAMI. Implikasi dari penelitian ini adalah: (1) Sebaiknya guru menggunakan model pembelajaran dengan melibatkan keaktifan peserta didik seperti model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT); (2) Sebaiknya guru menggunakan media pembelajaran yang inovatif seperti kotak dan kartu misterius (KOKAMI); (3) Sebaiknya guru memaksimalkan perannya sebagai teman belajar, fasilitator, dan mediator yang akan membawa hubungan yang dekat antara guru dan peserta didik; (4) Pihak sekolah sebaiknya melakukan evaluasi berkala terkait kegiatan belajar dan mengajar; (5) Peserta didik sebaiknya melakukan persiapan sebelum pembelajaran yaitu membaca buku, mencari informasi melalui internet dan sumber lainnya, mencatat materi yang belum paham untuk ditanyakan kepada guru dalam kegiatan belajar mengajar; (6) Peningkatan hasil belajar pada peserta didik; (7) Peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dengan bantuan media pembelajaran kotak dan kartu misterius (KOKAMI) lebih dari satu siklus dan ketiga ranah hasil belajar (pengetahuan, sikap, dan keterampilan). Kata kunci : model pembelajaran kooperatif, teams games tournament (TGT), kotak dan kartu misterius (KOKAMI) dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C21061
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperatif, teams games tournament (TGT), kotak dan kartu misterius (KOKAMI) dan hasil belajar
Subjects: A > A19 Academic achievement
C > C843 Cooperative learning
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Dwi Yuna Gusmi Arlianti
Date Deposited: 23 Feb 2021 02:42
Last Modified: 23 Feb 2021 02:42
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/8470

Actions (login required)

View Item View Item