Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Pembelian Tape Ketan di Kabupaten Kuningan Jawa Barat

SEKARPUTRI, Merina Widya (2021) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Pembelian Tape Ketan di Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Merina Widya S-A1A015043-Skripsi-2021.pdf

Download (75kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Merina Widya S-A1A015043-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (850kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Merina Widys S-A1A015043-Skripsi-2021.pdf

Download (272kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Merina Widya S-A1A015043-Skripsi-Pertanian-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Merina Widya S-A1A015043-Skripsi-Pertanian-2021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Merina Widya S-A1A015043-Skripsi-Pertanian-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Merina Widya S-A1A015043-Skripsi-Pertanian-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (928kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Merina Widya S-A1A015043-Skripsi-Pertanian-2021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Merina Widya S-A1A015043-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Merina Widya S-A1A015043-Skripsi-Pertanian-2021-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)

Abstract

Latar Belakang : Kuningan merupakan sebuah Kabupaten sentra produksi pengolahan tape ketan yang telah melahirkan banyak pengusaha home industry dengan merek atau label usaha masing-masing, terdapat 61 home industry di Kabupaten Kuningan. Pengusaha home industry tape ketan paling tua di Kabupaten Kuningan adalah tape ketan bu Misrah, tape ketan bu Murnah, dan tape ketan mas Heru. Permasalahan dalam penelitian adalah pengusaha home industry tape ketan sudah cukup banyak di Kuningan Jawa Barat sehingga membuat posisi persaingan antar merek tape ketan di pasar menjadi ketat. Syarat yang harus dipenuhi oleh suatu perusahaan agar dapat sukses dalam persaingan adalah berusaha mencapai tujuan untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Hal ini sejalan dengan konsep pemasaran yang pertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan konsumen, dan berorientasi pada konsumen. Produsen tape ketan perlu mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian tape ketan, sehingga keinginan dan kebutuhan konsumen dapat terpenuhi. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui karakteristik konsumen yang membeli tape ketan di Kabupaten Kuningan Jawa Barat (2) Menganalisis faktor – faktor yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam pembelian tape ketan di Kabupaten Kuningan Jawa Barat (3) Mengetahui faktor yang paling dominan dipertimbangkan konsumen dalam pembelian tape ketan di Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Metodologi Penelitian : Penelitian ini dilaksanakan di beberapa home industry tape ketan yang berada di Kabupaten Kuningan Jawa Barat pada bulan September hingga Oktober 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survai dan penentuan sampel menggunakan metode Accidental Sampling yang diperoleh sampel 120 responden konsumen tape ketan. Analisis yang digunakan adalah analisis faktor. Hasil penelitian menunjukan bahwaa: (1) Karakteristik konsumen pembeli tape ketan di Kabupaten Kuningan yakni sebagian besar berumur antara 29 sampai 35 tahun, berjenis kelamin laki-laki, kebanyakan konsumen tape ketan sudah menikah, kebanyak lulus pendidikan tinggi, pekerjaan sebagai pegawai swasta, pendapatan konsumen antara Rp3.000.000,00 sampai Rp4.000.000,00 perbulan dan dengan intensitas mengkonsumsi/pembelian tape ketan sebanyak 1x/bulan, (2) Faktor-faktor yang mempengeruhi konsumen dalam membeli tape ketan di Kabupaten Kuningan terdiri dari enam faktor, yaitu faktor kualitas produk, lokasi dan pengaruh lingkungan, faktor psikologis dan pemasaran, faktor produk dan individu, faktor atribut produk, faktor harga dan sosial, faktor pribadi, (3) Faktor yang paling dominan atau paling penting bagi konsumen dalam pembelian tape ketan di Kabupaten Kuningan adalah faktor kualitas produk, lokasi dan pengaruh lingkungan dengan nilai varian sebesar 27,77%, nilai varian yang lebih besar menunjukan pengaruh yang lebih besar terhadap pembelian produk tape ketan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A21044
Uncontrolled Keywords: Tape ketan, Perilaku konsumen, Atribut produk
Subjects: C > C793 Consumers
F > F63 Farm produce Marketing
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Mrs Merina Widya Sekarputri
Date Deposited: 01 Mar 2021 01:36
Last Modified: 01 Mar 2021 01:36
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/8931

Actions (login required)

View Item View Item