Analisis Komparasi Berdasarkan Skala Usaha Ternak Kambing Perah Ditinjau dari Pendapatan dan Efisiensi di Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal Jawa Tengah

PRADANA, Rendy Bagus H.A (2017) Analisis Komparasi Berdasarkan Skala Usaha Ternak Kambing Perah Ditinjau dari Pendapatan dan Efisiensi di Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal Jawa Tengah. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (115kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Daftar isi_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (92kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Daftarpustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)

Abstract

Kambing perah merupakan salah satu ternak yang dapat menghasilkan susu dan mempunyai potensi untuk dikembangkan. Kelompok peternakan kambing perah Caprani yang didirikan oleh bapak Gatot Suprapto di Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal telah menjadi sentra peternakan kambing perah. Peternakan tersebut memiliki anggota sebanyak 23 orang dengan skala usaha yang berbeda. Penelitian dilakukan untuk mengetahui faktor pengaruh sosial terhadap pendapatan dan efisiensi serta menganalisis perbedaan pendapatan dan efisiensi ekonomi menurut skala usaha yang berbeda di kelompok peternakan kambing perah Caprani. Terdapat tiga tujuan penelitian yaitu, 1) mengetahui pendapatan dan efisiensi pada sakala usaha yang berbeda; 2) menganalisis pengaruh (jumlah pakan, umur peternak dan pendidikan peternak) terhadap pendapatan dan efisiensi ekonomi; 3) menganalisis perbedaan pendapatan dan efisiensi usaha peternakan kambing perah pada skala usaha yang berbeda. Sasaran penelitian adalah semua anggota peternakan kambing perah Caprani, dengan sumber data terbagi dua yaitu sumber data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara langsung dengan peternak dan data sekunder diperoleh melalui catatan-catatan Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tegal. Variabel penelitian yaitu pendapatan, efisiensi, umur peternak, jumlah pakan dan pendidikan peternak. Penetapan sampel dilakukan dengan cara survey dengan sampel responden 23 orang dan sampel wilayah dilakukan dengan metode purposive (sengaja). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pendapatan skala usaha I adalah sebesar Rp 4.922.008,00 sedangkan skala usaha II sebesar Rp 9.360.979,00. Rata-rata efisiensi skala usaha I adalah 1,53 dan rata-rata efisiensi skala usaha II adalah 1,17. Jumlah pakan berpengaruh sangat nyata terhadap pendapatan dan efisiensi ekonomi, sedangkan faktor lain (umur peternak dan tingkat pendidikan) tidak berpengaruh nyata. Hasil analisis komparasi pendapatan skala usaha I berbeda sangat nyata (0,002 < 0,01) dengan pendapatan skala usaha II, sedangkan efisiensi skala usaha I berbeda sangat nyata (0,00 < 0,01) dengan efisiensi skala usaha II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: D17127
Subjects: E > E49 Economics
S > S286 Sheep
Divisions: Fakultas Peternakan > S1 Peternakan
Depositing User: Mr Supriyana Supriyana
Date Deposited: 27 Dec 2018 07:15
Last Modified: 23 Jan 2020 03:45
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/911

Actions (login required)

View Item View Item