Indeks Kepuasan Masyarakat dalam Pelayanan Perpanjangan Surat Izin Mengemudi (Penelitian Perpanjangan SIM C di Satuan Penyelenggara Administrasi Polresta Banyumas Tahun 2020)

SAFITRI, Nurliah Gamar (2021) Indeks Kepuasan Masyarakat dalam Pelayanan Perpanjangan Surat Izin Mengemudi (Penelitian Perpanjangan SIM C di Satuan Penyelenggara Administrasi Polresta Banyumas Tahun 2020). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Nurliah Gamar Safitri-F1B016073-Skripsi-2021.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nurliah Gamar Safitri-F1B016073-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nurliah Gamar Safitri-F1B016073-Skripsi-2021.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Nurliah Gamar Safitri-F1B016073-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Nurliah Gamar Safitri-F1B016073-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Nurliah Gamar Safitri-F1B016073-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Nurliah Gamar Safitri-F1B016073-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Nurliah Gamar Safitri-F1B016073-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Nurliah Gamar Safitri-F1B016073-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Nurliah Gamar Safitri-F1B016073-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (984kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indeks kepuasan masyarakat dalam pelayanan perpanjangan SIM C di Satuan Penyelenggara Administrasi Polresta Banyumas tahun 2020 dan kemudian menjawab hipotesis penelitian dengan Ho yaitu tidak terdapat perbedaan rata-rata atau mean di antara indikator indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan perpanjangan SIM C di Satpas Polresta Banyumas tahun 2020. Teori yang dipakai dalam penelitian ini yaitu pelayanan publik, kepuasan masyarakat/pelanggan, dan indeks kepuasan masyarakat. Adapun indikator yang digunakan untuk mengetahui indeks kepuasan masyarakat dalam penelitian ini yaitu prosedur pelayanan, persyaratan pelayanan, waktu pelayanan, biaya pelayanan, kemampuan pelaksana, kedisiplinan pelaksana, perilaku pelaksana, keadilan mendapatkan pelayanan, penanganan pengaduan dan saran, serta kenyamanan lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survei. Sasaran penelitian ini adalah pemohon yang sudah pernah mendapatkan layanan perpanjangan SIM C di Satpas Polresta Banyumas tahun 2020 dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling insidental. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kuantitatif terhadap hasil hitung Indeks Kepuasan Masyarakat. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis Kruskal-Wallis karena data tidak memenuhi asumsi data berdistribusi normal dan homogen (sama), kemudian dilanjutkan dengan uji Mann-Whitney. Berdasarkan hasil analisis data secara deskriptif kuantitatif dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa indeks kepuasan masyarakat dalam pelayanan perpanjangan SIM C di Satpas Polresta Banyumas tahun 2020 adalah sebesar 75,68. Artinya masyarakat yang telah menerima pelayanan perpanjangan SIM C di Satpas Polresta Banyumas merasa puas dengan pelayanan yang telah diberikan. Berdasarkan nilai indeks kepuasan masyarakat per unsur pelayanan, indikator persyaratan pelayanan mempunyai nilai mean tertinggi dan waktu pelayanan mempunyai nilai mean terendah. Berdasarkan hasil uji Kruskal-Wallis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,0001 < 0,05, hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan mean di antara indikator kepuasan layanan perpanjangan SIM C di Satpas Polresta Banyumas tahun 2020. Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney diketahui bahwa semua indikator selain prosedur pelayanan mempunyai perbedaan rata-rata atau mean dengan indikator lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F21145
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, Kepuasan Masyarakat, SIM C
Subjects: I > I65 Indexes
J > J56 Job satisfaction
P > P624 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Mrs Nurliah Gamar Safitri
Date Deposited: 06 May 2021 05:40
Last Modified: 06 May 2021 05:40
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/9536

Actions (login required)

View Item View Item