Analisis Segmentasi, Penentuan Target, dan Posisi Pasar Gula Kelapa Kristal Beriodium di Jawa Tengah dan Jawa Barat (Studi Kasus Gendis)

HABIBIE, Wafiq Priyaghinanto (2021) Analisis Segmentasi, Penentuan Target, dan Posisi Pasar Gula Kelapa Kristal Beriodium di Jawa Tengah dan Jawa Barat (Studi Kasus Gendis). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Wafiq Priyaghinanto Habibie-A1C017025-Skripsi-2021.pdf

Download (133kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Wafiq Priyaghinanto Habibie-A1C017025-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Wafiq Priyaghinanto Habibie-A1C017025-Skripsi-2021.pdf

Download (162kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Wafiq Priyaghinanto Habibie-A1C017025-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Wafiq Priyaghinanto Habibie-A1C017025-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Wafiq Priyaghinanto Habibie-A1C017025-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Wafiq Priyaghinanto Habibie-A1C017025-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Wafiq Priyaghinanto Habibie-A1C017025-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR-PUSTAKA-Wafiq Priyaghinanto Habibie-A1C017025-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Wafiq Priyaghinanto Habibie-A1C017025-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)

Abstract

Gula kelapa merupakan salah satu produk unggulan Kabupaten Banyumas. Hal tersebut mengakibatkan munculnya berbagai inovasi gula kelapa yang ada di pasaran. Salah satu inovasi yang ada di Kabupaten Banyumas adalah gula kelapa kristal beriodium yang diproduksi oleh CV. Gendis. Produk tersebut merupakan produk baru yang ada di pasaran sehingga dibutuhkan strategi segmentasi, penentuan target, dan posisi pasar untuk mendukung keberhasilan pemasaran produk. Hal tersebutlah yang menjadi latar belakang permasalahan yang menarik untuk dijadikan kajian dalam penelitian. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui segmentasi, penentuan target, dan posisi pasar dari gula kelapa kristal beriodium. Pengambilan data dilakukan secara online dan offline di Purwokerto, dimana untuk kuesioner online disebarkan di beberapa wilayah yang ada di Jawa Tengah dan Jawa Barat selama empat bulan, yaitu pada bulan Desember 2020 – Maret 2021. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode non probability sampling dengan Teknik purposive sampling dan snowball sampling. Adapun responden penelitian ini adalah konsumen dan potential market dari gula kelapa kristal beriodium sebanyak 98 orang. Berdasarkan karakteristik responden terdapat 3 segmen pasar gula kelapa kristal beriodium yang terbentuk. Target pasar yang dipilih yaitu cluster 2 dengan karakteristik responden usia 41-50 tahun, tingkat pendidikan terkahir Diploma, profesi ibu rumah tangga, dan pengeluaran per bulan Rp.1.500.000-Rp.3.000.000. Berdasarkan analisis biplot, didapatkan hasil pemetaan persepsi oleh responden yang paling melekat terhadap gula kelapa kristal beriodium adalah rasa, warna, dan tekstur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A21135
Uncontrolled Keywords: Gula kelapa kristal beriodium, segmentasi, penentuan target, posisi pasar
Subjects: A > A136 Agricultural industry
F > F63 Farm produce Marketing
S > S399 Small business
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Teknik Pertanian
Depositing User: Mr Wafiq Priyaghinanto Habibie
Date Deposited: 23 Jun 2021 03:27
Last Modified: 23 Jun 2021 03:27
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/10009

Actions (login required)

View Item View Item