Analisis Usahatani dan Strategi Pemasaran Selada (Lactuca Sativa L.) menggunakan Sistem Hidroponik Nft (Studi Kasus : PT. Hidroponik Agrofarm Bandungan di Kabupaten Semarang)

MAWARDI, Alfathan Kurnia (2020) Analisis Usahatani dan Strategi Pemasaran Selada (Lactuca Sativa L.) menggunakan Sistem Hidroponik Nft (Studi Kasus : PT. Hidroponik Agrofarm Bandungan di Kabupaten Semarang). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Alfathan Kurnia Mawardi-A1C014076-Skripsi-2020.pdf

Download (170kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Alfathan Kurnia Mawardi-A1C0140760-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Alfathan Kurnia Mawardi-A1C014076-Skripsi-2020.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Alfathan Kurnia Mawardi-A1C014076-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Alfathan Kurnia Mawardi-A1C014076-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Alfathan Kurnia Mawardi-A1C014076-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Alfathan Kurnia Mawardi-A1C014076-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Alfathan Kurnia Mawardi-A1C014076-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Alfathan Kurnia Mawardi-A1C014076-Skripsi-202.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Alfathan Kurnia Mawardi-A1C014076-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB)

Abstract

PT. Hidroponik Agrofarm Bandungan merupakan perusahaan yang mengusahakan sayuran berupa selada dengan menggunakan sistem hidroponik NFT (Nutrient Film Technique) sehingga memiliki nilai jual yang tinggi di pasar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis keuntungan usahatani selada hidroponik NFT yang diperoleh perusahaan; 2) Mengidentifikasi faktor-faktor internal meliputi kekuatan dan kelemahan serta faktor-faktor eksternal meliputi peluang dan ancaman yang dihadapi oleh PT. Hidroponik Agrofarm Bandungan; 3) Menentukan alternatif strategi pemasaran selada hidroponik dan menentukan strategi terbaik yang dapat diterapkan oleh di PT. Hidroponik Agrofarm Bandungan berdasarkan faktor internal dan eksternal. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan Mei 2019 di PT. Hidroponik Agrofarm Bandungan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Analisis yang digunakan meliputi: analisis biaya, penerimaan, keuntungan, break even point, R/C, analisis IFE, EFE, SWOT, dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Usahatani selada hidroponik NFT di PT. Hidroponik Agrofarm Bandungan menguntungkan; 2) Berdasarkan hasil analisis faktor internal; kekuatan utama adalah kualitas produk dan kelemahan utama adalah kurangnya keterampilan dan kualitas tenaga kerja. Hasil analisis faktor ekternal; peluang utama yaitu berkembangnya pola makan sehat dan ancaman utama adalah perubahan iklim; 3) Strategi pemasaran terbaik yang dapat diterapkan oleh perusahaan saat ini yaitu: Melakukan perluasan distribusi dengan membuka kantor cabang baru di daerah lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A20034
Uncontrolled Keywords: Usahatani, Pemasaran, Selada
Subjects: A > A136 Agricultural industry
F > F63 Farm produce Marketing
H > H368 Hydroponics
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Mr budhi yulianto
Date Deposited: 24 Jun 2021 03:34
Last Modified: 24 Jun 2021 03:34
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/10024

Actions (login required)

View Item View Item