HAKIM, Irham Lukmanul (2020) Tingkat Kepuasan dan Loyalitas Konsumen dalam Melakukan Pembelian Benih di Toko ‘X’, Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
2 - COVER-Irham Lukmanul Hakim-A1A015002-Skripsi-2020.pdf Download (209kB) |
|
PDF (Legalitas)
3 - LEGALITAS-Irham Lukmanul Hakim-A1A015002-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (624kB) |
|
PDF (Abstrak)
4 - ABSTRAK-Irham Lukmanul Hakim-A1A015002-Skripsi-2020.pdf Download (236kB) |
|
PDF (BabI)
5 - BAB-I-Irham Lukmanul Hakim-A1A015002-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) |
|
PDF (BabII)
6 - BAB-II-Irham Lukmanul Hakim-A1A015002-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
|
PDF (BabIII)
7 - BAB-III-Irham Lukmanul Hakim-A1A015002-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) |
|
PDF (BabIV)
8 - BAB-IV-Irham Lukmanul Hakim-A1A015002-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (708kB) |
|
PDF (BabV)
9 - BAB-V-Irham Lukmanul Hakim-A1A015002-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
Abstract
Meningkatnya permintaan terhadap komoditas sayuran di Indonesia seiring dengan meningkatnya konsumsi per kapita dan jumlah penduduk, ditambah meningkatnya kesadaran masyarakat akan kualitas benih dalam usahatani membuat toko-toko pertanian yang menjual benih dan sarana pertanian lain dengan beragam merek dan mutu kini semakin menjamur. Salah satunya yaitu Toko ‘X’ yang berada di Purwokerto. Untuk mempertahankan konsumen dan mendapatkan pelanggan yang loyal, Toko ‘X’ harus memahami dan mengetahui apa yang menjadi harapan konsumen. Hal itu dapat dilakukan dengan menganalisis perilaku konsumen yang berpengaruh terhadap bauran pemasaran Toko ‘X’. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui proses pengambilan keputusan konsumen dalam melakukan pembelian benih pada Toko ‘X’, Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas, 2) mengetahui kepuasan konsumen dalam melakukan pembelian benih pada Toko ‘X’, Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas, dan 3) mengetahui tingkat loyalitas konsumen di Toko ‘X’, Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 8 Maret sampai dengan 21 Maret 2019. Jumlah konsumen yang dijadikan responden sebanyak 100 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei, sedangkan penentuan sampel menggunakan metode non probability sampling yaitu menggunakan accidental sampling. Analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif, Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA), dan Piramida Loyalitas. Hasil penelitian menunjukkan 1) tingkat kepuasan konsumen terhadap pembelian benih di Toko ‘X’ berada pada tingkat ‘puas’ dengan persentase kepuasan konsumen sebesar 79%, 2) terdapat satu atribut yang menjadi prioritas utama untuk diperbaiki yaitu atribut kerapian dan pengaturan tata letak toko, 3) tingkat loyalitas konsumen Toko ‘X’ masih rendah, hal ini dapat dilihat dari nilai committed buyer sebesar 16% yang lebih kecil dibandingkan nilai switcher buyer sebesar 48% pada tingkat piramida loyalitas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | A20038 |
Uncontrolled Keywords: | Tingkat Kepuasan Konsumen |
Subjects: | C > C1019 Customer relations P > P668 Purchasing |
Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis |
Depositing User: | Mr budhi yulianto |
Date Deposited: | 24 Jun 2021 04:24 |
Last Modified: | 24 Jun 2021 04:24 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/10028 |
Actions (login required)
View Item |