Strategi Pemasaran Melon (Cucumis melo L.) Anggota Koperasi Mitra Niaga Syariah Banyumas

RAHMAH, Rifka Jauharu (2021) Strategi Pemasaran Melon (Cucumis melo L.) Anggota Koperasi Mitra Niaga Syariah Banyumas. Diploma thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Rifka Jauharu Rahmah-A0A018020-Tugas Akhir-2021.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Rifka Jauharu Rahmah-A0A018020-Tugas Akhir-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (715kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Rifka Jauharu Rahmah-A0A018020-Tugas Akhir-2021.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I -Rifka Jauharu Rahmah-A0A018020-Tugas Akhir-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II -Rifka Jauharu Rahmah-A0A018020-Tugas Akhir-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III -Rifka Jauharu Rahmah-A0A018020-Tugas Akhir-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV -Rifka Jauharu Rahmah-A0A018020-Tugas Akhir-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (806kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V -Rifka Jauharu Rahmah-A0A018020-Tugas Akhir-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Rifka Jauharu Rahmah-A0A018020-Tugas Akhir-2021.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Rifka Jauharu Rahmah-A0A018020-Tugas Akhir-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pemasaran adalah usaha dengan menggunakan pasar untuk melakukan pertukaran yang meliputi penelitian konsumen, identifikasi kebutuhan konsumen, mendesain produk, meletakkan promosi, dan penetapan harga produk yang bertujuan memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia. . Strategi pemasaran adalah salah satu cara memenangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan baik itu untuk perusahaan yang memproduksi barang maupun jasa. Strategi pemasaran dapat dipandang sebagai salah satu dasar yang dipakai dalam menyusun perencanaan perusahaan secara menyeluruh. Praktik Kerja Lapangan bertujuan untuk mengetahui profil perusahaan Koperasi Mitra Niaga Syariah, mengetahui strategi pemasaran hasil budidaya melon pada Koperasi Mitra Niaga Syariah, dan mengetahui analisis finansial atau kelayakan usaha budidaya melon pada Koperasi Mitra Niaga Syariah. Praktik Kerja Lapangan dilaksanakan di Koperasi Mitra Niaga Syariah, Banyumas. Praktik Kerja Lapangan dilaksanakan selama dua bulan atau 60 hari kerja yaitu dari 1 Oktober 2020 sampai 7 Desember 2020. Metode pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan yang digunakan adalah observasi partisipasi. Metode observasi partipasi yaitu penulis ikut terlibat langsung dalam kegiatan yang dilaksanakan pada Koperasi Mitra Niaga Syariah, Banyumas. Hasil dari Praktik Kerja Lapangan, yaitu Koperasi Mitra Niaga Syariah salah satu wadah para petani untuk memasarkan produk hasil produksi, memfokuskan dalam pendistribusian hasil panen para petani agar bisa meluas dan sampai kepada konsumen dengan harga dan kualitas yang baik. Penulis mempelajari komoditas melon di salah satu anggota koperasi dengan tujuan mengetahui strategi pemasaran yang baik untuk diterapkan dalam memasarkan buah melon. Pelaku pemasaran pada usaha budidya melon anggota Koperasi Mitra Niaga Syariah Banyumas terdiri atas tengkulak, kios buah, dan koperasi. Saluran pemasaran pada usaha budidaya melon anggota Koperasi Mitra Niaga Syariah Banyumas terdapat 3 tipe saluran. Saluran pemasaran yang paling efisien adalah Saluran Pemasaran 3 (petani ke koperasi ke konsumen akhir) karena memiliki margin pemasaran total paling rendah sebesar Rp 1.000 per kg. Saluran pemasaran ini berkonsep agrowisata sehingga menjadi strategi yang cukup baik untuk menaikan harga produk. Nilai R/C ratio sebesar 1,107136852 yaitu nilai lebih dari satu maka disimpulkan bahwa usaha melon anggota Koperasi Mitra Niaga Syariah efisien danlayak untuk dijalankan serta dapat menghasilkan keuntungan. Konsep agrowisata memberikan dampak yang menguntungkan bagi anggota koperasi diantaranya penjualan melon meningkat dan lebih baik dari sebelumnya. Kendala yang terjadi menjadi tantangan bagi usahatani melon, seperti persaingan harga, daya beli konsumen yang fluktuatif, ketersediaan stok yang melimpah, dan menurunya kualitas produk yang terlalu lama disimpan. Oleh sebab itu, perlu diperhatikan kembali kemampuan dalam menganalisa pasar, penguasaan teknologi, menentukan alternatif olahan, dan penggalian informasi untuk memperluas jaringan distribusi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Nomor Inventaris: A21114
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Saluran pemasaran, Melon
Subjects: C > C836 Cooperation
F > F63 Farm produce Marketing
Divisions: Fakultas Pertanian > D3 Agribisnis
Depositing User: Mrs Rifka Jauharu Rahmah
Date Deposited: 06 Jul 2021 06:37
Last Modified: 06 Jul 2021 06:37
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/10059

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year