MASTUTI, Dianingrum Ayu (2021) Pengaruh Motivasi Belajar dan Efikasi Diri terhadap Prestasi Belajar dengan Kepuasan Mahasiswa Dimasa Pandemi Covid-19 sebagai Variabel Mediasi (Pada Program Studi S1 Manajemen Universitas Jenderal Soedirman Angkatan 2018 - angkatan 2020). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Dianingrum Ayu Mastuti-C1B017043-Skripsi-2021.pdf Download (375kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Dianingrum Ayu Mastuti-C1B017043-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Dianingrum Ayu Mastuti-C1B017043-Skripsi-2021.pdf Download (249kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Dianingrum ayu Mastuti-C1B017043-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Dianingrum Ayu Mastuti-C1B017043-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Dianingrum Ayu Mastuti-C1B017043-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Dianingrum Ayu Mastuti-C1B017043-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Dianingrum Ayu Mastuti-C1B017043-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Dianingrum Ayu Mastuti-C1B017043-Skripsi-2021.pdf Download (478kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Dianingrum Ayu Mastuti-C1B017043-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh antara Motivasi Belajar dan Efikasi Diri terhadap Kepuasan Mahasiswa yang berpengaruh secara tidak langsung terhadap Prestasi Belajar mahasiswa selama diterapkannya pembelajaran online pada masa pandemi Covid-19 di Universitas Jenderal Soedirman. Populasi pada penelitian ini adalah Mahasiswa Program Studi S1 Manajemen Universitas Jenderal Soedirman angkatan 2018, 2019, dan 2020 yang berjumlah 460 orang. Sampel yang digunakan penelitian ini sebanyak 216 mahasiswa. Sampel diambil dengan teknik propotionate stratified radom sampling. Data pada penelitian ini dianalisis dengan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak terdapat pengaruh positif antara Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar. (2) Terdapat pengaruh positif antara Efikasi Diri dan Prestasi Belajar. (3) Tidak terdapat pengaruh positif antara Motivasi Belajar dan Kepuasan Mahasiswa. (4) Terdapat pengaruh positif antara Efikasi Diri dan Kepuasan Mahasiswa. (5) Kepuasan Mahasiswa tidak memediasi pengaruh antara Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar. (6) Kepuasan Mahasiswa memediasi pengaruh antara Efikasi Diri terhadap Prestasi Belajar. (7) Terdapat pengaruh positif antara Kepuasan Mahasiswa dan Prestasi Belajar. Implikasi pada penelitian ini yaitu diperlukan adanya pemenuhan kebutuhan mahasiswa yang menunjang kegiatan pembelajaran online untuk untuk memunculkan motivasi belajar dalam diri mahasiswa, pentingnya toleransi dan kreativitas dosen terhadap mahasiswanya dalam pembelajaran online agar mahasiswa memiliki efikasi diri yang baik. Kemudian sikap keterbukaan dosen terhadap masalah-masalah yang dimiliki oleh setiap mahasiswa dalam pembelajaran online akan menjadi suatu bentuk pendekatan antara dosen dan mahasiswa, serta perlunya kebijaksanaan dosen dalam memberikan penilaian terhadap tugas ataupun ujian mahasiswa agar dapat mencapai kepuasan mahasiswa yang tinggi sekaligus prestasi belajar yang baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C21245 |
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Efikasi Diri, Kepuasan Mahasiswa, Prestasi Belajar |
Subjects: | E > E78 Educational psychology Motivation Psychology Performance J > J56 Job satisfaction |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
Depositing User: | Mrs Dianingrum Ayu Mastuti |
Date Deposited: | 16 Aug 2021 07:36 |
Last Modified: | 16 Aug 2021 07:36 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/10615 |
Actions (login required)
View Item |