TALYA, Talya (2021) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Mahasiswa Penerima Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi TKI Malaysia. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Talya-F1A017059-Skripsi-2021.pdf Download (279kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Talya-F1A017059-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Talya-F1A017059.pdf Download (185kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Talya-F1A017059-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Talya-F1A017059-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (477kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Talya-F1A017059-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (588kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Talya-F1A017059-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (839kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Talya-F1A017059-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Talya-F1A017059-Skripsi-2021.pdf Download (435kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Talya-F1A017059-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (482kB) |
Abstract
Pendidikan merupakan hak setiap orang tanpa kerkecuali, karena dengan pendidikan, maka akan terlaksana pemberdayaan sumber daya manusia untuk perkembangan serta pembangunan negara. Namun sayangnya, masih banyak anak-anak Indonesia yang tidak dapat mengakses pendidikan, salah satunya anak-anak Pekerja Migran Indonesia di Malaysia. Pemerintah Indonesia telah bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memberikan bantuan akses pendidikan kepada anak-anak di Malaysia, salah satunya dengan menghadirkan Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi TKI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap prestasi penerima beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi TKI Malaysia. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 50 orang. Variabel bebas (X) pada penelitian ini dibagi menjadi dua, yaitu X1 (internal) dan X2 (eksternal) sedangkan variabel terikat (Y) yaitu hasil IPK. Penelitian ini menggunakan dua alat analisis, yaitu deskriptif persentase dan juga chi square. Pada analisis deskriptif persentase, faktor internal mempengaruhi prestasi belajar para responden yaitu 69,5% dengan kriteria ‘Tinggi’. Pada perhitungan Chi Square didapatkan hasil: (a) intelegensi mempengaruhi prestasi dengan p value= 0,023 dan X2=14,652; (b) Kesehatan tidak mempengaruhi prestasi karena p value= 0,11 dan X2= 10,293 dimana lebih besar t-tabel dibandingkan t hitung; (c)Bakat mempengaruhi prestasi dengan p value=0,013 dan X2=16,042; (d) Minat mempengaruhi terhadap prestasi dengan p value=0,014 dan X2=15,881. Pada analisi deskriptif persentase, faktor eksternal mempengaruhi prestasi belajar sebesar 76% dengan kriteria “Tinggi”. Pada perhitungan Chi Square didapatkan hasil: (a) keluarga mempengaruhi prestasi dengan p value= 0,021 dan X2=14,916; (b) Teman sebaya mempengaruhi prestasi dengan p value= 0,036 dan X2= 13,421; (c)Pendidikan mempengaruhi prestasi dengan p value=0,036 dan X2=13,424; (d) Lingkungan masyarakat mempengaruhi prestasi dengan p value=0,042 dan X2=14,526; (e) Media massa mempengaruhi prestasi dengan p value = 0,013 dan X2=16,042 setiap indikator ini memiliki taraf signifikansi sebesar 0,05. Saran yang dapat diberikan adalahagar mahasiswa lebih bijak dalam mengatur waktu belajar dan istirahat agar berjalan seimbang dan tidak terjadi kelelahan. Selain itu orang tua dan saudara terdekat juga perlu memberikan dukungan penuh bagi mahasiswa, baik lewat motivasi ataupun dukungan finansial, agar mahasiswa lebih mudah meraih prestasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F21239 |
Uncontrolled Keywords: | Beasiswa ADiK,Prestasi, PMI |
Subjects: | A > A19 Academic achievement S > S71 Scholarships |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi |
Depositing User: | Mrs Talya Talya |
Date Deposited: | 19 Aug 2021 06:49 |
Last Modified: | 19 Aug 2021 06:49 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/10655 |
Actions (login required)
View Item |