Factors Affecting Batik Demand in Cileungsi Subdistrict, Bogor Regency, West Java

SIAHAAN, Vania (2021) Factors Affecting Batik Demand in Cileungsi Subdistrict, Bogor Regency, West Java. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Vania Siahaan-C1G016023-Skripsi-2021.pdf

Download (170kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Vania Siahaan-C1G016023-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRACT-Vania Siahaan-C1G016023-Skripsi-2021.pdf

Download (356kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Vania Siahaan-C1G016023-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (790kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Vania Siahaan-C1G016023-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Vania Siahaan-C1G016023-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Vania Siahaan-C1G016023-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Vania Siahaan-C1G016023-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Vania Siahaan-C1G016023-Skripsi-2021.pdf

Download (313kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Vania Siahaan-C1G016023-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan Batik di Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan batik di Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor dan untuk mengidentifikasi faktor yang paling berpengaruh antara variabel harga batik, harga barang substitusi, harga barang komplementer dan pendapatan konsumen terhadap permintaan batik di Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor. Penelitian ini melakukan survei terhadap 70 konsumen batik khususnya yang bekerja sebagai karyawan/buruh/pegawai. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Simple Random Sampling, sedangkan metode analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel harga batik tidak berpengaruh signifikan terhadap permintaan batik di Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor. Variabel harga barang substitusi berpengaruh positif signifikan terhadap permintaan batik di Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor. Variabel harga barang komplementer berpengaruh negatif signifikan terhadap permintaan batik di Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor dan variabel pendapatan konsumen berpengaruh positif signifikan terhadap permintaan batik di Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor. Secara bersama-sama, variabel harga batik, harga barang substitusi, harga barang komplementer, dan pendapatan konsumen berpengaruh signifikan terhadap permintaan batik di Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah untuk meningkatkan permintaan batik di Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, karena konsumen dimungkinkan untuk terus mengkonsumsi batik tanpa terpengaruh oleh harganya, maka para pedagang dapat melakukan berbagai cara untuk semakin menarik minat konsumen dalam membeli batik dengan memberikan berbagai macam promo dan menambah jumlah stok pada pakaian batik untuk dijual kepada para konsumen sementara para pengrajin batik dapat memproduksi batik dengan berbagai macam variasi baru agar konsumen berminat untuk membeli batik, produsen batik dapat meningkatkan kualitas pakaian batik, selain itu harga barang substitusi juga harus diperhatikan karena jika harga barang substitusi lebih murah maka konsumen akan cenderung memilih serta membeli barang substitusi, hal ini dapat dicegah dengan cara mempertimbangkan perbedaan harga batik yang akan dijual dan harga barang pengganti yang dijual karena memakai batik merupakan salah satu peraturan kantor bagi pekerja yang harus dipatuhi, para produsen barang pelengkap pakaian batik dapat membuat kualitas serta variasi yang lebih banyak dan menarik lagi dengan harga terjangkau agar dapat konsumen tertarik untuk membeli barang pelengkap tersebut untuk dipakai saat memakai pakaian batik, pemerintah perlu memastikan adanya implementasi kebijakan upah minimum regional oleh para pengusaha dengan melakukan pengawasan yang ketat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C21226
Uncontrolled Keywords: Permintaan batik, harga batik, harga barang substitusi, harga barang komplementer, pendapatan konsumen
Subjects: C > C793 Consumers
S > S853 Supply and demand
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan
Depositing User: Mrs Vania Siahaan
Date Deposited: 23 Aug 2021 02:15
Last Modified: 23 Aug 2021 02:15
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/10790

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year