NURNAWATI, Rani (2021) Implementasi Inovasi di UMKM Bisnis Keluarga sebagai Pendorong Kinerja Pemasaran (Pendekatan Ethnographic Multiple Case Study di UMKM Olahan Pangan Provinsi Jawa Barat). Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Rani Nurnawati-C2C019008-Tesis-2021.pdf Download (39kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Rani Nurnawati-C2C019008-Tesis-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (611kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Rani Nurnawati-C2C019008-Tesis-2021.pdf Download (85kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Rani Nurnawati-C2C019008-Tesis-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Rani Nurnawati-C2C019008-Tesis-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Rani Nurnawati-C2C019008-Tesis-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Rani Nurnawati-C2C019008-Tesis-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Rani Nurnawati-C2C019008-Tesis-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Rani Nurnawati-C2C019008-Tesis-2021.pdf Download (230kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Rani Nurnawati-C2C019008-Tesis-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Keberadaan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia memberikan kontribusi besar kepada negara. Pandemi yang melanda Indonesia berdampak pada sektor UMKM, Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat mencatat sebanyak 97% UMKM mengalami penurunan pemasaran dan sebanyak 3% UMKM mampu bertahan dan mengalami peningkatan dalam penjualan produk. UMKM memiliki beberapa keterbatasan namun mampu bersaing dan bertahan di saaat kondisi perekonimian memburuk. UMKM yang pengelolaanya oleh anggota keluarga mampu bertahan dengan melakukan inovasi pada masa pandemi. Penelitian yang dilakukan adalah kualitatif dengan pendekatan Teknik etnografi Multiple Case Studi di 3(tiga) pelaku UMKM bidang olahan Pangan di Jawa Barat. Perusahaan yang dijadikan sebagai objek penelitian yaitu Adreansyah Corp dan Shalisa di Kabupaten Ciamis dan Encum Srikandi di Kabupaten Pangandaran. Data penelitian bersumber dari data primer dan sekunder yang diperoleh melalui teknik wawancara mendalam dan obervasi pasif yang dilakukan untuk mendapatkan informasi dari para informan, teknik analisa yang digunakan merupakan kombinasi dari teknis analisa data etnografi dari Spradley: (1)domain, (2)taksonomi, (3)komponensial, (4)tema. Serta dengan metode triagulasi data sumber dan teknik. Tujuan penelitian untuk mengeksplorasi Implementasi Inovasi di ketiga UMKM dalam meningkatkan kinerja pemasaran sehingga bisa bertahan dalam kondisi pandemi covid-19. Informan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pemilik usaha yang memiliki informasi lengkap mengenai keadaan perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data, didapatkan hasil implementasi inovasi yang dilakukan oleh ketiga UMKM untuk mendorong kinerja pemasaran agar dapat bertahan di masa pandemi yaitu: (1) Inovasi Produk yang terdiri dari inovasi (a) Produk, (b) Layanan. (2) Inovasi Proses yang terdiri dari Inovasi (a) Tekhnik, (b) Produksi, (c) Administrasi, (d) Organisasi. (3) Inovasi Posisi yang terdiri dari inovasi (a) Model Bisnis, (b) Pemasaran Komersial. Adapun faktor lain yang mendorong kinerja pemasaran ketiga UMKM yakni (1) Jiwa kewirausahaan dan sosial yang tinggi serta kegigihan dari para pemilik usaha untuk dapat mempertahankan usaha di saat pandemi (2) Proses pembelajaran dari berbagai pelatihan kewirausahaan, (3) Binaan dari Dinas dan lembaga pemerintah. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa ketiga UMKM melakukan inovasi di 3 bidang yakni Inovasi Produk, Inovasi Proses dan Inovasi Posisi dengan penerapannya berbeda menyesuaikan dengan kondisi perusahaan. Kata kunci: UMKM, Perusahaan Keluarga, Inovasi Produk, Inovasi Proses, Inovasi Posisi, Kinerja Pemasaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Nomor Inventaris: | P21167 |
Uncontrolled Keywords: | UMKM, Perusahaan Keluarga, Inovasi Produk, Inovasi Proses, Inovasi Posisi, Kinerja Pemasaran. |
Subjects: | M > M80 Marketing P > P142 Performance S > S399 Small business |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen |
Depositing User: | Mrs RANI NURNAWATI |
Date Deposited: | 29 Aug 2021 02:16 |
Last Modified: | 29 Aug 2021 02:16 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/11162 |
Actions (login required)
View Item |