Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Efek Pakan Suplementasi Spirulina Platensis dan Chlorella Vulgaris pada Sistem Pemeliharaan Berbeda terhadap Kadar Albumin dan Total Protein Ikan Nilem (Osteochilus vittatus)

PRASETIYO, Dedi Teguh (2021) Efek Pakan Suplementasi Spirulina Platensis dan Chlorella Vulgaris pada Sistem Pemeliharaan Berbeda terhadap Kadar Albumin dan Total Protein Ikan Nilem (Osteochilus vittatus). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Dedi Teguh Prasetiyo-Skripsi-2021.pdf

Download (106kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Dedi Teguh Prasetiyo-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Dedi Teguh Prasetiyo-Skripsi-2021.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Dedi Teguh Prasetiyo-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Dedi Teguh Prasetiyo-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Dedi Teguh Prasetiyo-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Dedi Teguh Prasetiyo-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Dedi Teguh Prasetiyo-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Dedi Teguh Prasetiyo-Skripsi-2021.pdf

Download (169kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Dedi Teguh Prasetiyo-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)

Abstract

Ikan nilem (Osteochilus vittatus) merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat. Permasalahan yang sering timbul dalam budidaya ikan nilem adalah ikan yang mudah terkena penyakit. Solusi untuk mengatasi hal tersebut dapat menggunakan pakan suplemen yang mengandung imunostimulan, seperti Spirulina platensis dan Chlorella vulgaris. Selain pakan sistem pemeliharaan juga berkontribusi terhadap keberhasilan budidaya, teknologi bioflok merupakan teknologi alternatif menyediakan pakan tambahan berprotein dan mengatasi masalah limbah budidaya serta menurunnya produksi ikan karena penyakit yang berkaitan dengan rendahnya albumin dan total protein. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pakan, sistem pemeliharaan terbaik, dan pakan suplementasi terbaik untuk meningkatkan kadar albumin dan total protein ikan Nilem (Osteochilus vittatus). Penelitian ini dilakukan secara eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial. Terdapat dua faktor yaitu, faktor pertama adalah suplementasi pakan (5 taraf) terdiri atas P0 (pelet tanpa suplementasi), P1 (suplementasi S. platensis 6 g/kg pakan), P2 (suplementasi C. vulgaris 4 g/kg pakan), P3 (suplementasi kombinasi S. platensis 3 g/kg + C. vulgaris 2 g/kg pakan), dan P4 (suplementasi kombinasi S. platensis 2 g/kg + C. vulgaris 3 g/kg pakan). Faktor kedua adalah sistem pemeliharaan (2 taraf) yaitu nonbioflok (B0) dan bioflok (B1), sehingga diperoleh 10 perlakuan dari kombinasi antara faktor pertama dan kedua (P0B0; P1B0; P2B0; P3B0; P4B0; P0B1; P1B1; P2B1; P3B1; P4B1) dan setiap perlakuan diulang sebanyak 4 kali. Parameter yang diamati adalah kadar albumin dan total protein serum. Hasil pengukuran kadar albumin dan total protein serum darah ikan nilem dengan perlakuan dosis suplemen menunjukkan hasil tidak adanya perbedaan yang nyata antar perlakuan (p>0,05) yang dikarenakan perbedaan kandungan protein pada tiap dosis suplemen tidak terlalu jauh, sedangkan pada faktor sistem pemeliharaan, bioflok berpengaruh terhadap meningkatnya kadar albumin dan total protein serum ikan nilem

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: B21044
Uncontrolled Keywords: Albumin, ikan nilem, C. Vulgaris, S. platensis, sistem bioflok, total protein
Subjects: F > F181 Fish culture
F > F240 Food
F > F394 Freshwater biology
Divisions: Fakultas Biologi > S1 Biologi
Depositing User: Mr Dedi Teguh Prasetiyo
Date Deposited: 04 Sep 2021 06:45
Last Modified: 04 Sep 2021 06:45
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/11312

Actions (login required)

View Item View Item