AULIA, Rahmita (2021) Analisis Pemilihan Pemasok dan Tempat Pemasaran menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) (Studi Kasus pada Agroindustri Gula Kristal Terforifikasi: CV. Gendis). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Rahmita Aulia-A1C017041-Skripsi-2021.pdf Download (126kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Rahmita Aulia-A1C017041-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Rahmita Aulia-A1C017041-Skripsi-2021.pdf Download (176kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Rahmita Aulia-A1C017041-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Rahmita Aulia-A1C017041-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Rahmita Aulia-A1C017041-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Rahmita Aulia-A1C017041-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Rahmita Aulia-A1C017041-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Rahmita Aulia-A1C017041-Skripsi-2021.pdf Download (182kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Rahmita Aulia-A1C017041-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (753kB) |
Abstract
Banyumas merupakan salah satu kabupaten yang memiliki hasil produk pertanian yang berlimpah. Salah satu produk yang diunggulkan adalah gula kelapa. Pengembangan produk gula kelapa sangat beragam salah satunya adalah fortifikasi. Seperti pada agroindustri CV. Gendis yang melakukan fortifikasi iodium pada gula kelapa kristal dan menghasilkan produk gula kelapa kristal beriodium. Salah satu upaya dalam memaksimalkan agroindustri CV. Gendis adalah dengan mencari pemasok bahan baku dan tempat pemasaran yang tepat. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu mengidentifikasi serta menganalisis kriteria dan urutan prioritas dalam pemilihan pemasok gula kelapa kristal dan juga pemilihan prioritas tempat pemasaran produk. Penelitian dilakukan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode non probability sampling dengan Teknik purposive sampling, dan snowball sampling. Responden terbagi menjadi dua, untuk responden pemilihan pemasok gula kelapa adalah karyawan dan manajeman CV. Gendis yang berjumlah 6 orang. Kemudian untuk responden pemilihan prioritas tempat pemasaran produk Gendis adalah konsumen dan potential market dari gula kelapa kristal beriodium yang berjumlah 100 orang. Hasil penelitian menunjukkan urutan prioritas kriteria yang berpengaruh pada pemilihan pemasok gula kelapa kristal yaitu kualitas, harga, fleksibilitas, layanan, dan pengiriman. Pada pemilihan prioritas tempat pemasaran produk didapatkan urutan prioritas kriteria yang berpengaruh, yaitu ketersediaan produk, harga, layanan, dan akses. Hasil dari pengambilan keputusan untuk pemilihan pemasok gula kelapa kristal didapatkan bahwa pemasok x menjadi pemasok dengan bobot tertinggi. Hasil pengambilan keputusan pemilihan urutan prioritas tempat pemasaran produk yaitu offline store, e-commerce, kerjasama dengan lembaga, dan toko oleh-oleh.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | A21181 |
Uncontrolled Keywords: | gula kelapa kristal beriodium, AHP, pemasok, tempat pemasaran |
Subjects: | A > A136 Agricultural industry F > F63 Farm produce Marketing |
Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Teknik Pertanian |
Depositing User: | Mrs Rahmita Aulia |
Date Deposited: | 08 Sep 2021 14:01 |
Last Modified: | 08 Sep 2021 14:01 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/11439 |
Actions (login required)
View Item |