Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Melakukan Pembelian Sayur dan Buah secara Online di Kota Cirebon (Studi Kasus pada Konsumen Sayyur.crb)

YULIANTI, Al Fitri (2021) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Melakukan Pembelian Sayur dan Buah secara Online di Kota Cirebon (Studi Kasus pada Konsumen Sayyur.crb). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Al Fitri Yulianti-A1A017013-Skripsi-2021.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Al Fitri Yulianti-A1A017013-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Al Fitri Yulianti-A1A017013-Skripsi-2021.pdf

Download (302kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Al Fitri Yulianti-A1A017013-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Al Fitri Yulianti-A1A017013-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Al Fitri Yulianti-A1A017013-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Al Fitri Yulianti-A1A017013-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (724kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Al Fitri Yulianti-A1A017013-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Al Fitri Yulianti-A1A017013-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Al Fitri Yulianti-A1A017013-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pertambahan jumlah penetrasi internet di Indonesia semakin tinggi. Ditambah lagi dengan kondisi pandemi yang mengharuskan pembatasan kegiatan di luar rumah mengakibatkan bergesernya pula perilaku konsumen dan para pelaku usaha termasuk bisnis penjualan produk pertanian seperti sayur dan buah. Sayyur.crb salah satu pelaku usaha penjualan sayur dan buah secara online pertama di Kota Cirebon. Bermunculannya pesaing dan melihat karakteristik produk pertanian yang salah satunya mudah rusak, mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Oleh karena itu penting dilakukan penelitian tentang faktor yang diperhatikan konsumen dalam memutuskan pembelian secara online. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian sayur dan buah secara online, 2) mengetahui faktor paling dominan yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian sayur dan buah secara online. 3) mengetahui seberapa besar sumbangan/peranan teknologi digital terhadap pendapatan Sayyur.crb. Penelitian ini dilaksanakan secara studi kasus di Kota Cirebon dan sekitarnya, serta pemilihan online shop di Sayyur.crb, dengan obyek penelitian yaitu konsumen sayyur.crb sebanyak 60 responden. Penelitian dilaksanakan dari bulan Maret 2021 sampai Mei 2021. Metode pengambilan sampel secara Purposive Random Sampling. Variabel yang diamati ialah pribadi, sosial, produk, harga, pelayanan, dan promosi. Serta analisis data menggunakan metode likert’s summated ratings, analisis faktor dan analisis keuntungan usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 faktor baru yang terbentuk yang mempengaruhi keputusan pembelian sayur dan buah secara online oleh konsumen yaitu 1) Faktor fisik dan pelayanan, yang terdiri atas empat indikator yaitu jenis sayur dan buah cukup lengkap, harga sebanding dengan online shop sejenis lainnya, serta keamanan , (2) Faktor daya tarik dan pribadi yang terdiri atas tiga indikator yaitu adanya diskon, flash sale, dan kepuasan, (3) Faktor Sosial yang terdiri dari satu indikator yaitu pengaruh keluarga. Kemudian faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian sayur dan buah secara online di Sayyur.crb ialah faktor sosial yaitu pengaruh keluarga karena memiliki nilai loading factor yang paling tinggi yaitu sebesar 0,764. Keuntungan usaha dengan menggunakan digital marketing jauh lebih besar dibandingkan dengan sistem konvensional, yaitu Rp 632.800 rata-rata per hari. Selain itu, modal yang dikeluarkan pun berkurang sebesar Rp Rp. 248.000; per hari, serta meminimalisir kerugian akibat stok yang tidak habis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A21199
Uncontrolled Keywords: keputusan pembelian, penjualan online, analisis faktor
Subjects: A > A136 Agricultural industry
E > E167 Electronic commerce
P > P668 Purchasing
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Mrs Al Fitri Yulianti
Date Deposited: 20 Sep 2021 02:05
Last Modified: 20 Sep 2021 02:05
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/11510

Actions (login required)

View Item View Item