Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Penerimaan Sistem Rekam Medis Elektronik dengan Pendekatan Model The Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) (Studi pada RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo)

NURHAYATI, Sri (2021) Analisis Penerimaan Sistem Rekam Medis Elektronik dengan Pendekatan Model The Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) (Studi pada RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo). Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Sri Nurhayati-C2C019022-Tesis-2021.pdf

Download (618kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Sri Nurhayati-C2C019022-Tesis-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Sri Nurhayati-C2C019022-Tesis-2021.pdf

Download (439kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Sri Nurhayati-C2C019022-Tesis-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Sri Nurhayati-C2C019022-Tesis-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Sri Nurhayati-C2C019022-Tesis-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (736kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Sri Nurhayati-C2C019022-Tesis-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (904kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Sri Nurhayati-C2C019022-Tesis-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Sri Nurhayati-C2C019022-Tesis-2021.pdf

Download (449kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Sri Nurhayati-C2C019022-Tesis-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang berjudul “Analisis Penerimaan Sistem Rekam Medis Elektronik dengan Pendekatan Model The Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) (Studi pada RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) terhadap penerapan sistem rekam medis elektronik oleh dokter dan perawat di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo. Populasi dalam penelitian ini adalah dokter dan perawat di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. Jumlah responden yang diambil dalam penelitian ini adalah 126 responden. Purposive sampling method digunakan dalam penentuan responden. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan PLS (Partial Least Square) menunjukkan bahwa : (1) Ekspektasi kinerja berpengaruh terhadap niat perilaku, (2) Ekspektasi usaha berpengaruh terhadap niat perilaku, (3) Pengaruh sosial tidak berpengaruh terhadap niat perilaku, (4) Kondisi yang memfasilitasi tidak berpengaruh terhadap perilaku penggunaan, (5) Niat perilaku berpengaruh terhadap perilaku penggunaan, (6) Jenis kelamin memiliki efek moderator yang tidak signifikan pada hubungan antara ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, dan pengaruh sosial terhadap niat perilaku, (7) Usia memiliki efek moderator yang tidak signifikan pada hubungan antara ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, dan kondisi yang memfasilitasi terhadap niat perilaku penggunaan, (8) Pengalaman memiliki efek moderator yang tidak signifikan pada hubungan antara ekspektasi usaha, pengaruh sosial, dan kondisi yang memfasilitasi terhadap niat perilaku penggunaan. Implikasi dari kesimpulan di atas yaitu dalam upaya meningkatkan penggunaan rekam medis elektronik di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto diperlukan pengenalan terhadap dokter dan perawat mengenai penggunaan, manfaat dan kemudahan dalam menggunakan sistem rekam medis elektronik. Dokter dan perawat membiasakan diri dalam menggunakan rekam medis elektronik sehingga penggunaan dapat lebih efektif. Pengawasan yang rutin terhadap pengguna dan komponen sistem rekam medis elektronik sehingga dapat meningkatkan perilaku penggunaanya dan menghindari beban kerja dalam penggunaan sistem rekam medis elektronik. Pendampingan pada pengguna yang mengalami kesulitan dalam menjalankan sistem rekam medis elektronik sehingga dapat memberikan kemudahan dalam penggunaannya. Sistem rekam medis elektronik harus mudah dipelajari, dikuasai, dan dioperasikan pengguna sehingga dapat mengurangi beban usaha dan meningkatkan minat perilaku pengguna rekam medis elektronik. Dukungan dari pihak instansi dan manajemen berupa fasilitas yang memadai, menyediakan sumber daya manusia yang kompeten, merespon cepat apabila ada kendala dan kesalahan teknis, melakukan sosialisasi dan pelatihan.

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P21257
Uncontrolled Keywords: Rekam Medis Elektronik, Unified Theory of Acceptance and Use of Technology, Partial Least Square
Subjects: C > C970 Criticism
I > I139 Information systems
M > M183 Medical personnel
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen
Depositing User: Mrs Sri Nurhayai
Date Deposited: 17 Nov 2021 01:56
Last Modified: 17 Nov 2021 01:56
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/12015

Actions (login required)

View Item View Item