Analisis Sistem Antrian pada Loket Administrasi Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyumas

ANGGRAENI, Dwi Gita (2019) Analisis Sistem Antrian pada Loket Administrasi Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
1.COVER-DWI GITA ANGGRAENI-C1B014005-SKRIPSI-F. EKONOMI 2019.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
3.ABSTRAK-DWI GITA ANGGRAENI-C1B014005-SKRIPSI-F. EKONOMI 2019.pdf

Download (226kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
2.LEGALITAS-DWI GITA ANGGRAENI-C1B014005-SKRIPSI-F. EKONOMI 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)
[img] PDF (BabI)
4.BAB-I-DWI GITA ANGGRAENI-C1B014005-SKRIPSI-F. EKONOMI 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (BabII)
5.BAB-II-DWI GITA ANGGRAENI-C1B014005-SKRIPSI-F. EKONOMI 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] PDF (BabIII)
6.BAB-III-DWI GITA ANGGRAENI-C1B014005-SKRIPSI-F. EKONOMI 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (892kB)
[img] PDF (BabIV)
7.BAB-IV-DWI GITA ANGGRAENI-C1B014005-SKRIPSI-F. EKONOMI 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
8.BAB-V-DWI GITA ANGGRAENI-C1B014005-SKRIPSI-F. EKONOMI 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Daftarpustaka)
9.DAFTAR PUSTAKA-DWI GITA ANGGRAENI-C1B014005-SKRIPSI-F. EKONOMI 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN-DWI GITA ANGGRAENI-C1B014005-SKRIPSI-F. EKONOMI 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (878kB)

Abstract

Judul dari penelitian ini adalah “Analisis Sistem Antrian Pada Loket Administrasi Publik Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyumas”. Pemerintah memiliki fungsi penting dalam memberikan berbagai pelayanan publik yang diperlukan oleh masyarakat. Oleh karena itu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyumas harus dapat memberikan pelayanan prima kepada pengunjung yang membutuhkan pelayanan.Dalam memberikan pelayanan, maka kinerja sistem antrian merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan karena dengan adanya kinerja sistem antrian yang optimal dapat mendukung kelancaran suatu layanan yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui kinerja sistem antrian pada loket administrasi publik telah mencapai tingkat optimal atau belum. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung yang datang ke loket administrasi publik. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif.Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data tersebut melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teori antrian. Model antrian yang digunakan pada loket administrasi publik adalah Multiple Channel – Single Phase atau model antrian jalur berganda dengan satu tahap pelayanan.Berdasarkan data yang diperoleh diketahui rata-rata tingkat kedatangan pengunjung (λ) yaitu 47 orang/jam dan rata-rata tingkat pelayanan loket (μ) yaitu10 orang/jam. Hasil analisis data menunjukkan bahwa sistem antrian dengan menggunakan lima fasilitas pelayanan atau loket belum optimal, karena mempunyai nilai tingkat kegunaan loket yang tinggi yaitu sebesar 0,94 atau 94%.Artinya loket administrasi publik mengalami kesibukkan dalam memberikan pelayanan, sehingga terjadinya antrian. Sistem antrian yang optimal dicapai pada delapan fasilitas pelayanan atau loket dengan nilai tingkat kegunaan loket sebesar0,5875 atau 58,75%. Terdapat perbedaan biaya antara sistem antrian yang sesungguhnya dengan sistem antrian yang optimal yaitu sebesar 70,68%, dimana pada sistem antrian yang optimal mengeluarkan biaya yang minimum dibandingkan pada system antrian yang sesungguhnya. Dengan demikian, penambahan jumlah fasilitas pelayanan atau loket sangat diperlukan agar kinerja sistem antrian pada loket administrasi publik dapat menjadi optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C19031
Subjects: C > C432 Civil service
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Mr Supriyana Supriyana
Date Deposited: 14 May 2019 06:51
Last Modified: 30 Oct 2019 04:06
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/1218

Actions (login required)

View Item View Item