Pengaruh Cita-Cita, Prestasi Belajar, Pendidikn Orang Tua, dan Lingkungan Sekolah terhadap Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi di SMK Widya Manggala Purbalingga

SETIYORINI, Eri (2020) Pengaruh Cita-Cita, Prestasi Belajar, Pendidikn Orang Tua, dan Lingkungan Sekolah terhadap Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi di SMK Widya Manggala Purbalingga. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
2. COVER dikonversi.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (Legalitas)
3. LEGALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (863kB)
[img] PDF (Abstrak)
4. ABSTRAKdikonversi.pdf

Download (148kB)
[img] PDF (BabI)
5. BAB I .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] PDF (BabII)
6. BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] PDF (BabIII)
7. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] PDF (BabIV)
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] PDF (BabV)
9. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
10. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (221kB)
[img] PDF (Lampiran)
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (902kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh cita-cita terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di SMK WidyaManggala Purbalingga; (2) pengaruh prestasi belajar terhadap minat melanjutkanpendidikan ke perguruan tinggi di SMK Widya Manggala Purbalingga; (3)pengaruh pendidikan orang tua terhadap minat melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi di SMK Widya Manggala Purbalingga; (4) pengaruh lingkungansekolah terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di SMK WidyaManggala Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatankuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMK WidyaManggala tahun ajaran 2019/2020 dengan mengambil sampel sebanyak 134 siswa. Hasil penelitian ini adalah: (1) cita-cita berpengaruh positif terhadap minatmelanjutkan ke perguruan tinggi, artinya semakin tinggi cita-cita yangmembutuhkan pendidikan formal tinggi maka semakin tinggi minat untukmelanjutkan ke perguruan tinggi; (2) prestasi belajar berpengaruh positif terhadapminat melanjutkan ke perguruan tinggi, artinya semakin tinggi nilai prestasi belajarmaka semakin tinggi pula minat untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruantinggi; (3) pendidikan orang tua berpengaruh positif terhadap minat melanjutkan keperguruan tinggi, artinya semakin tinggi pendidikan formal orang tua maka semakintinggi pula dorongan terhadap anaknya untuk menumbuhkan minat melanjutkan keperguruan tinggi; (4) lingkungan sekolah berpengaruh positif terhadap minatmelanjutkan ke perguruan tinggi, artinya semakin baik hubungan dengan guru,kepala sekolaj, karyawan sekolah, dan teman maka dorongan untuk menumbuhkanminat melanjutkan ke perguruan tinggi semakin besar. Implikasi dari penelitian ini, guru hendaknya meningkatkan ketertarikansiswa untuk menumbuhkan minat melanjutkan ke perguruan tinggi. Hal tersebutdapat dilakukan dengan memotivasi atau mendorong siswa untuk mencaripengalaman dan pengetahuan yang lebih tinggi untuk mencapai cita-cita yangtinggi; siswa hendaknyalebih giat dalam belajar untuk bisa mencapai cita-cita yangdiinginkan; sekolah hendaknya memberikan informasi yang lebih dalam mengenaiperguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C20048
Uncontrolled Keywords: Minat melanjutkan ke perguruan tinggi, cita-cita, prestasi belajar, pendidikan orang tua, lingkungan sekolah.
Subjects: A > A19 Academic achievement
C > C563 Colleges and universities
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 10 Jan 2022 07:11
Last Modified: 10 Jan 2022 07:11
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/12631

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year