Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keuntungan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kuliner di Kabupaten Banyumas : Apakah Promosi Berbayar Berpengaruh?

NISA, Shifairoh Tanti Hidayatun (2021) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keuntungan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kuliner di Kabupaten Banyumas : Apakah Promosi Berbayar Berpengaruh? Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-SHIFAIROH TANTI HIDAYATUN NISA -C1A016017-SKRIPSI-2021.pdf

Download (288kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-SHIFAIROH TANTI HIDAYATUN NISA -C1A016017-SKRIPSI-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-SHIFAIROH TANTI HIDAYATUN NISA -C1A016017-SKRIPSI-2021.pdf

Download (379kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-SHIFAIROH TANTI HIDAYATUN NISA -C1A016017-SKRIPSI-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-SHIFAIROH TANTI HIDAYATUN NISA -C1A016017-SKRIPSI-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-SHIFAIROH TANTI HIDAYATUN NISA -C1A016017-SKRIPSI-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-SHIFAIROH TANTI HIDAYATUN NISA -C1A016017-SKRIPSI-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-SHIFAIROH TANTI HIDAYATUN NISA -C1A016017-SKRIPSI-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-SHIFAIROH TANTI HIDAYATUN NISA -C1A016017-SKRIPSI-2021.pdf

Download (297kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-SHIFAIROH TANTI HIDAYATUN NISA -C1A016017-SKRIPSI-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan pada Pemilik UMKM Kuliner di Kabupaten Banyumas yang menggunakan promosi berbayar sebagai salah satu media promosi. Penelitian ini mengambil judul : “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keuntungan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Kuliner Di Kabupaten Banyumas : Apakah Promosi Berbayar Berpengaruh?”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh modal, biaya tenaga kerja, lama usaha dan promosi berbayar terhadap keuntungan UMKM Kuliner di Kabupaten Banyumas. Responden yang diteliti adalah sebanyak 55 responden. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara dan kuisioner. Teknik analisis yang digunakan untuk mengatahui variabel yang berpengaruh terhadap keuntungan UMKM yaitu menggunakan analisis regresi linear berganda dan uji wilcoxon yang digunakan untuk menguji efektivitas penggunaan promosi berbayar. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa variabel modal, biaya tenaga kerja, lama usaha dan promosi berbayar berpengaruh terhadap keuntungan UMKM kuliner di Kabupaten Banyumas. Namun hanya modal, biaya tenaga kerja dan lama usaha yang berpengaruh secara signifikan. Kemudian hasil uji wilcoxon menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil keuntungan sebelum dan sesudah penggunaan promosi berbayar. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon, keuntungan setelah promosi berbayar mengalami peningkatan. Namun promosi berbayar belum efektif dilakukan pada UMKM Kuliner di Kabupaten Banyumas karena hasil analisis regresi menunjukkan promosi berbayar tidak berpengaruh positif dan signifikan. Implikasi dari kesimpulan diatas yaitu dalam meningkatkan keuntungan, para Pemilik UMKM Kuliner di Kabupaten Banyumas berkaitan dengan modal sebaiknya para Pemilik UMKM dapat meningkatkan modal dan melakukan perencanaan dalam mengelola modal agar keuntungan yang diperoleh dapat meningkat. Upaya yang dapat dilakukan terkait dengan biaya tenaga kerja yaitu para pemilik UMKM sebaiknya menambah jumlah karyawan disesuaikan dengan kebutuhan. Terkait dengan lama usaha, pemilik UMKM diharapkan agar selalu tekun dalam menjalankan usaha agar dapat mengasah keterampilan dalam berwirausaha serta meningkatkan pengetahuan tentang selera maupun perilaku konsumen sehingga dapat menarik konsumen untun tetap membeli produk yang dihasilkan oleh UMKM. Sedangkan terkait dengan efektivitas penggunaan promosi berbayar, pemilik UMKM diharapkan dapat mengoptimalkan pemasaran melalui sosial media baik dengan menggunakan promosi berbayar di Instagram maupun dengan memanfaatkan cara lain seperti Instagram Ads, Facebook Ads dan lain-lain. Selain itu, Pemilik UMKM Kuliner diharapkan dapat membuat produk yang menarik dan kreatif sebelum di-posting di sosial media sebagai salah satu daya tarik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C22018
Uncontrolled Keywords: UMKM, promosi berbayar, Social Media
Subjects: S > S399 Small business
S > S442 Social networking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan
Depositing User: Mrs SHIFAIROH TANTI HIDAYATUN NISA
Date Deposited: 18 Jan 2022 03:29
Last Modified: 18 Jan 2022 03:29
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13086

Actions (login required)

View Item View Item