Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Efektivitas Sosialisasi terhadap Kesadaran Calon Muzakki dalam Menyalurkan Zakat pada Badan Amil Zakat Nasional Cabang Banyumas di Kecamatan Kebasen

UTAMIA, Fiena Akmala (2020) Efektivitas Sosialisasi terhadap Kesadaran Calon Muzakki dalam Menyalurkan Zakat pada Badan Amil Zakat Nasional Cabang Banyumas di Kecamatan Kebasen. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Fiena Akmala Utamia-F1C013089-Skripsi-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Fiena Akmala Utamia-F1C013089-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Fiena Akmala Utamia-F1C013089-Skripsi-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Fiena Akmala Utamia-F1C013089-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Fiena Akmala Utamia-F1C013089-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Fiena Akmala Utamia-F1C013089-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Fiena Akmala Utamia-F1C013089-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Fiena Akmala Utamia-F1C013089-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Fiena Akmala Utamia-F1C013089-Skripsi-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Fiena Akmala Utamia-F1C013089-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) merupakan badan resmi dan satusatunyayangdibentukolehpemerintahberdasarkanKeputusanPresidenRINo.8Tahun2001yangmemilikitugasdanfungsimenghimpundanmenyalurkanzakat,infaq,dan sedekah (ZIS) pada tingkat nasional. BAZNAS Cabang Banyumasmerupakan organisasi yang bergerak di bidang pembangunan ekonomi daerah.Kegiatan yang dilakukan oleh BAZNAS salah satunya yaitu melakukan sosialisasi.Proses komunikasi dalam sosialisasi tersebut memiliki peranan yang penting dalammeningkatkan pembangunan ekonomi dan SDM yang ada di daerah. Komunikasipembangunan merupakan strategi yang menekankan pada perlunya sosialisasipembangunan kepada para pelaku pembangunan daerah dan masyarakat secaraumum melalui berbagai media strategis. Penggunaan media-media strategistersebut sangat disesuaikan dengan karakteristik khalayak sasaran yangberkepentingan dengan informasi pembangunan daerah. Teori yang digunakandalam penelitian ini adalah Teori Difusi Inovasi. Rumusan masalah dalampenelitian ini yaitu mengkaji bagaimana efektivitas sosialisasi terhadap kesadarancalon muzakki dalam menyalurkan zakat pada Badan Amil Zakat Nasional CabangBanyumas di Kecamatan Kebasen. Tujuan dalam penelitian ini adalah untukmengidentifikasi pengaruh efektivitas sosialisasi terhadap kesadaran calon muzakkidi Kecamatan Kebasen dalam menyalurkan zakat pada Badan Amil Zakat NasionalCabang Banyumas Jawa Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif.Penelitian ini dilakukan di Kantor Kecamatan Kebasen dan Kantor Badan AmilZakat Nasional Cabang Banyumas. Sasaran dan Populasi dalam penelitian iniadalah 40 calon muzakki yang mengikuti sosialisasi penyalurkan dana zakat padabulan November tahun 2019. Instrumen yang digunakan dalam penelitian iniberupa angket/kuesioner dengan jumlah variabel sebanyak dua variabel yaituvariabel X (Sosialisasi) dan variabel Y (Kesadaran). Untuk memperoleh data yanglengkap dan teliti, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data primer dansekunder. Pengujian Instrumen dilakukan dengan Uji Validitas dan Uji Reliabilitas.Proses selanjutnya yaitu melakukan Uji Asumsi Klasik berupa Uji Normalitas danUji Linearitas. Lalu dilakukan Pengujian Hipotesis dengan melakukan UjiKoefisien Korelasi Product Moment, Uji Koefisien Determinasi, Uji Regresi LinearSederhana, dan Uji Signifikansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi zakat oleh Badan AmilZakat Nasional Cabang Banyumas berpengaruh terhadap kesadaran calon muzakkidi Kecamatan Kebasen dengan nilai sebesar 31,1%. Pengujian hipotesismenunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar daripada ttabel pada tingkat signifikansi0,05 dengan perbandingan (2,364 > 1,686). Artinya, pengaruh sosialisasi zakatBAZNAS Cabang Banyumas terhadap kesadaran masyarakat (calon muzakki) diKecamatan Kebasen adalah signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F20074
Uncontrolled Keywords: Zakat, Baznas
Subjects: A > A1 Abacus
S > S460 Socialization
T > T36 Taxation
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Yayuk Khotiarsih
Date Deposited: 21 Jan 2022 02:35
Last Modified: 21 Jan 2022 02:35
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13091

Actions (login required)

View Item View Item