Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Perbandingan Perlindungan Hukum terhadap Korban Tindak Pidana Terorisme di Indonesia dan India (Studi di Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Indonesia dan IndiaCentre for Victimology and Psychological Studies)

RAMADIANTO, Anang Riyan (2020) Perbandingan Perlindungan Hukum terhadap Korban Tindak Pidana Terorisme di Indonesia dan India (Studi di Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Indonesia dan IndiaCentre for Victimology and Psychological Studies). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER - Anang Riyan Ramadianto - E1A016001 - Skripsi - 2020.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS - Anang Riyan Ramadianto - E1A016001 - Skripsi - 2020 (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK - Anang Riyan Ramadianto - E1A016001 - Skripsi - 2020.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (BabI)
BAB I - Anang Riyan Ramadianto - E1A016001 - Skripsi - 2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II -Anang Riyan Ramadianto - E1A016001 - Skripsi - 2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III - Anang Riyan Ramadianto - E1A016001 - Skripsi - 2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV - Anang Riyan Ramadianto - E1A016001 - Skripsi - 2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V - Anang Riyan Ramadianto - E1A016001 - Skripsi - 2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA - Anang Riyan Ramadianto - E1A016001 - Skripsi - 2020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Terorisme merupakan kejahatan yang menjadi ancaman serius terhadap kedaulatan setiap negara yang menimbulkan bahaya terhadap keamanan, perdamaian dunia,serta merugikan kesejahteraan masyarakat. Hal tersebut tidak terlepas daripenderitaan korban tindak pidana terorisme yang membutuhkan perlindunganhukum dari negara. Tujuan penelitian ini untuk membandingkan bentuk-bentukperlindungan hukum dalam tatanan normatif dan empiris yang diberikan kepadakorban tindak pidana terorisme di Indonesia dan India. Penelitian ini menggunakanmetode penelitian kualitatif dengan pendekatan yuridis empiris dan spesifikasipenelitian deskriptif analitis. Penelitian dilakukan di Badan NasionalPenanggulangan Terorisme, Jakarta dan India Centre for Victimology andPsychological Studies, New Delhi. Data yang digunakan meliputi data primer dandata sekunder. Metode pengumpulan data melalui wawancara dan studi pustaka.Data yang diperoleh diolah dengan reduksi data, display data, katagorisasi data.Penyajian data dalam bentuk uraian teks naratif, dengan metode analisis kualitatif.Hasil penelitian menunjukan bahwa perlindungan hukum korban tindak pidanaterorisme di kedua negara mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing,adapun perlindungan hukum yang memerlukan perhatian lebih lanjut mengenaibantuan medis, hal lain yaitu pengajuan hak-hak korban tindak pidana terorismemasa lalu terbatas tanggal 22 Juni 2021 sedangkan di India tidak karena akanmerugikan korban. Adapun terdapat faktor-faktor penghambat perlindungan hukumkorban tindak pidana terorisme di Indonesia dan India dilihat dari (1) substansihukum yaitu Peraturan Pemerintah dari UU No. 5 Tahun 2018 belum ada sedangkandi India tidak ada regulasi khusus mengenai rehabilitasi psikologis dan psikososial,(2) struktur hukum kurangnya jumlah sumber daya manusia (SDM) di BadanNasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) sedangkan di India kurangnya jumlahSDM National Investigation Agency (NIA), dan (3) kultur hukum yaitu adanyaperbedaan perspektif antara lembaga terkait sedangkan di India kurangnya tingkatpengetahuan hukum masyarakat terkait hak-haknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: E20186
Uncontrolled Keywords: Terorisme, Perlindungan Hukum
Subjects: L > L106 Legal aid
T > T148 Terrorism
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Mrs PKL Sekar
Date Deposited: 21 Jan 2022 03:09
Last Modified: 21 Jan 2022 03:09
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13107

Actions (login required)

View Item View Item