KIFLI, Zulfa Revina (2020) Komparasi Indeks Kepuasan Masyarakat Pasar Manis dan Pasar Wage di Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
Cover-ZULFA REVINA KIFLI-F1B016076-Komparasi Indeks Kepuasan Masyarakat Pasar Manis dan Pasar Wag.pdf Download (174kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Zulfa.pdf Restricted to Repository staff only Download (471kB) |
|
PDF (Abstrak)
abstrak-ZULFA REVINA KIFLI-F1B016076-Komparasi Indeks Kepuasan Masyarakat Pasar Manis dan Pasar W.pdf Download (2MB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-ZULFA REVINA KIFLI-F1B016076-Komparasi Indeks Kepuasan Masyarakat Pasar Manis dan Pasar Wag.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (BabII)
BAB2-ZULFA REVINA KIFLI-F1B016076-Komparasi Indeks Kepuasan Masyarakat Pasar Manis dan Pasar Wage.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB 3-ZULFA REVINA KIFLI-F1B016076-Komparasi Indeks Kepuasan Masyarakat Pasar Manis dan Pasar Wag.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB 4-ZULFA REVINA KIFLI-F1B016076-Komparasi Indeks Kepuasan Masyarakat Pasar Manis dan Pasar Wag.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (BabV)
BAB 5-ZULFA REVINA KIFLI-F1B016076-Komparasi Indeks Kepuasan Masyarakat Pasar Manis dan Pasar Wag.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka-ZULFA REVINA KIFLI-F1B016076-Komparasi Indeks Kepuasan Masyarakat Pasar Manis dan .pdf Download (2MB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-ZULFA REVINA KIFLI-F1B016076-Komparasi Indeks Kepuasan Masyarakat Pasar Manis dan Pasar .pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Berkembangnya pasar modern sesuai dengan tuntutan masyarakat yang menginginkan tempat berbelanja yang bersih, nyaman, aman, dan mutu barang yang terjamin. Namun, berkembangnya pasar modern mulai menggeser eksistensi pasar tradisional. Salah satu kebijakan yang dimaksudkan untuk menjaga eksistensi pasar tradisional adalah kebijakan revitalisasi pasar tradisonal. Untuk mengetahui program revitalisasi mampu memberikan pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat dibandingkan pasar tradisional yang belum di revitalisasi maka, penelitian yang berjudul Komparasi Indeks Kepuasan Masyarakat Pasar Manis dan Pasar Wage di Purwokerto menjadi relevan dan penting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya perbedaan indeks kepuasan masyarakat pada fasilitas umum pasar tradisional yang sudah direvitaliasi yaitu Pasar Manis dengan pasar tradisional yang belum direvitaliasasi yaitu Pasar Wage. Manfaat penelitian ini adalah penelitian ini diharapkan mampu menjadi masukan atau saran untuk dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam membuat berbagai kebijakan berkaitan dengan pengembangan pasar tradisional. Khususnya, di pasar-pasar tradisional yang terdapat di Kota Purwokerto Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif komparatif, dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, dokumentasi dan observasi. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan systematic random sampling. Berdasarkan penghitungan Calculator Net dan Raosoft, jumlah sampel penelitian masing-masing pasar sebesar 67,24 yang dibulatkan menjadi 68 orang. Jumlah sampel di Pasar Wage dan Pasar Manis sebesar 68 orang dengan margin error sebesar 10%, tingkat kepercayaan peneliti 90% dan proporsi populasi 50% . Jadi, jumlah keseluruhan sample yang akan diambil dari masyarakat yang terdapat di Pasar Manis dan Pasar Wage adalah: 136 orang. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah indeks kepuasan masyarakat dalam pelayananan publik di Pasar Manis dan Pasar Wage. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan bantuan SPSS yaitu uji Independent Sample T Test. Berdasarkan hasil uji yang dilakukan dengan uji Independent Sample T Test peneltian ini dapat disimpulkan bahwa indeks kepuasan masyarakat terhadap fasilitas umum di Pasar Manis (sebagai pasar tradisional yang sudah direvitalisasi) sebesar 72 dengan mutu pelayanan adalah B berada pada level BAIK atau MEMUASKAN karena berada diantara 62,51-81,25. Sedangkan indeks kepuasan masyarakat terhadap fasilitas umum di Pasar Wage (sebagai pasar tradisional yangbelum direvitalisasi) sebesar 58,25 dengan mutu pelayanan adalah C berada pada level KURANG BAIK atau KURANG MEMUASKAN karena berada diantara 43,76-62,50. Maka, diharapkan Pasar Wage mampu meningkatkan fasilitas umum dan diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi pertimbangan pemerintah dalam merevitalisasi pasar tradisional.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F20308 |
Uncontrolled Keywords: | Komparasi, Indeks Kepuasan Masyarakat dan Pasar Tradisional |
Subjects: | C > C1020 Customer services |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | Users 4158 not found. |
Date Deposited: | 25 Jan 2022 02:24 |
Last Modified: | 25 Jan 2022 02:24 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13235 |
Actions (login required)
View Item |