NASSER, Lorenz Clashaura Sheila (2020) Representasi Citra Maskulinitas dalam Iklan Rokok (Studi Analisis Deskriptif tentang Representasi Citra Maskulinitas dalam Iklan LA Bold versi Bold is My Kind of World). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Lorenz Clashaura-F1C013049-Skripsi-2020.pdf Download (27kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Lorenz Clashaura-F1C013049-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Lorenz.pdf Download (2MB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Lorenz Clashaura-F1C013049-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Lorenz Clashaura-F1C013049-F1C013049-Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Lorenz Clashaura-F1C013049-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Lorenz Clashaura-F1C013049-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Lorenz Clashaura-F1C013049-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAPUS-Lorenz.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan representasi citra maskulinitas dalam iklan rokok LA Bold “Bold is My Kind of World” dengan menggunakan model analisis semiotika John Fiske dalam teorinya yang yang mengkategorikan tanda dari segi level realitas, level representasi dan level ideologi. Peneliti akan menginterpretasikan makna-makna pada iklan yang diteliti berdasarkan kategori tanda berdasarkan levelnya. Tipe penelitian adalah kualitatif, metode penelitian adalah metode penelitian semiotika. Objek penelitian yang diamati adalah iklan rokok LA Bold “Bold is My Kind of World.” Iklan yang ditayangkan di televisi dan Youtube dalam bentuk visual tersebut menjadi objek utama dari objek penelitian ini. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan observasi, studi pustaka dan dokumentasi dari iklan rokok LA Bold “Bold is My Kind ofWorld.” Studi pustaka diambil dari buku-buku, jurnal penelitian, internet, maupun sumber-sumber lain yang mendukung penelitian. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti mendapatkan beberapa kesimpulan, antara lain 1) Iklan LA Bold ‘Bold is My Kind of World’ menampilkan citra diri seorang laki-laki urban yang maskulin melalui simbol fisik berupa tampilan yang maskulin dengan tubuh tinggi, wajah berkarakter tajam. Dari simbol karakter, tokoh utama digambarkan sebagai seseorang yang memiliki jiwa kepemimpinan. Dari simbol fashion, pakaian yang digunakan selalu trendi dan rapi 2) Sudut pengambilan gambar pada iklan ini dibuat sedemikian rupa sehingga menampilkan sosok tokoh utama yang tampak berjiwa pemimpin, tegas, dan maskulin. Latar belakang musik pada iklan ini juga memiliki kesan maskulin dengan dominasi rock.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F20316 |
Uncontrolled Keywords: | Semiotika, Citra, Representasi Maskulinitas dan Iklan |
Subjects: | A > A74 Advertising S > S210 Semiotics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Users 4158 not found. |
Date Deposited: | 27 Jan 2022 07:27 |
Last Modified: | 27 Jan 2022 07:27 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13320 |
Actions (login required)
View Item |