Strategi Komunikasi City Branding Kabupaten Pemalang melalui Tagline Pemalang Pusere Jawa

SAFIRA, Nandya (2020) Strategi Komunikasi City Branding Kabupaten Pemalang melalui Tagline Pemalang Pusere Jawa. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Nandya Safira-F1C015005-Skripsi-2020.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nandya Safira-F1C015005-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nandya Safira-F1C015005-Skripsi-2020.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Nandya Safira-F1C015005-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Nandya Safira-F1C015005-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Nandya Safira-F1C015005-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Nandya Safira-F1C015005-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Nandya Safira-F1C015005-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Nandya Safira-F1C015005-Skripsi-2020.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Nandya Safira-F1C015005-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kabupaten Pemalang termasuk dalam Provinsi Jawa Tengah. Pembangunan di Kabupaten Pemalang terus digalakkan di berbagai sektor yaitu SDA, Pertanian, dan Pariwisata dan Kebudayaan. Keunggulan Kabupaten Pemalang dan perkebunan serta pariwisata, membuat Kabupaten Pemalang harus meningkatkan industri perkebun sebagai identitas utama dan daya tarik wisatawan dengan perkebunanan nanas madu yang khas sebagai jati diri daerah. Mengenalkan potensi SDA, perkebumnan dan pariwisata yang berkembang di Pemalang juga merupakan cara city branding Pemalang sebagai kota yang menonjolkan potensinya di kancah nasional. Maka dicetus Tagline “Pusere Jawa”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi pustaka. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi komunikasi city branding pemerintah Kabupaten Pemalang melalui Tagline “Pemalang Pusere Jawa”. Hasil penelitian ini adalah bahwa strategi komunikasi city branding pemerintah Kabupaten Pemalang melalui Tagline “Pemalang Pusere Jawa” yaitu melalui 3 tahap diantaranya: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan dimulai dari visi misi dan penyusunan program oleh tim city branding. Pelaksanaan diantaranya memfokuskan pada mengenalkan Pemalang sebagai kota yang kental dengan industri perkebunan dan pariwisata dalam mendatangkan wisatawan dengan peningkatan infrastruktur, pembangunan fisik, dan penerapan melalui media-media. Pada penelitian ini juga ditemukan bahwa city branding yang telah dilakukan oleh tim secara bertahap dengan memfokuskan dalam peningkatan infrastruktur untuk menunjang city branding. Namun, dianggap masih kurang dengan pemanfaatan media dan sosialisasi kepada SKPD terkait yang masih belum terkoordinir dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F20319
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, City Branding, Tagline
Subjects: C > C631 Communication
S > S733 Strategy
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs PKL Sekar
Date Deposited: 28 Jan 2022 02:20
Last Modified: 28 Jan 2022 02:20
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13331

Actions (login required)

View Item View Item