Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Toxic Masculinity dalam Iklan L-Men (Analisis Semiotik Roland Barthes pada Iklan L-Men Versi Albern Sultan)

NURYANINGTYAS, Fildzha Rani (2020) Toxic Masculinity dalam Iklan L-Men (Analisis Semiotik Roland Barthes pada Iklan L-Men Versi Albern Sultan). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Fildzha Rani N-F1A016064-Skripsi-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Fildzha Rani-F1A016064-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Fildzha Rani N-F1A016064-Skripsi-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Fildzha Rani N-F1A016064-Skripsi-Fisip-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Fildzha Rani N-F1A016064-Skripsi-Fisip-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Fildzha Rani N-F1A016064-Skripsi-Fisip-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB -IV-Fildzha Rani N-F1A016064-Skripsi-Fisip-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V- Fildzha Rani N-F1A016064-Skripsi-Fisip-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Fildzha Rani N-F1A016064-Skripsi-2020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Iklan pada masa ini tidak hanya berfungsi sebagai media promosi, penyampaian pesan tentangproduk, namun lebih berperan jauh sebagai pembentuk realitas. Realitas yang seringdikonstruksi melalui iklan adalah stereotip gender. Konstruksi gender dalam iklan televisisebagai maskulinitas (kelaki-lakian) dan femininitas (keperempuanan. Hal yangdirepresentasikan, misalnya, laki-laki kuat, perempuan lemah; laki-laki rasional, perempuanemosional. Seiring perkembangan masa, nilai maskulinitas kian marak diangkat menjadi idesebuah iklan. Maskulinitas dirasa memiliki kelebihan untuk menaikkan penjualan suatu produk,salah satu produk yang selalu mengangkat isu maskulinitas adalah L-Men. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana bentuk toxic masculinity yangdirepresentasikan dalam iklan L-Men 2GoGainMass 2018 versi Albern Sultan. Penelitian inimerupakan peneltian kualitatif yang menggunakan teknik dengan cara menetapkan ciri-cirikhusus yang sesuai dengan tujuan penelitian. Metode pengmpulan data dilakukan denganmemahami jalan cerita iklan, menyusun kategorisasi dan menyusun draft laporan. Teknikanalisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk toxic masculinity yang direpresentasikan dalamiklan L-Men lebih mengarah kepada konsep maskulinitas baru. Maskulinitas baru adalah lakilakimetroseksual yang memiliki penghasilan tinggi dan gaya hidup mewah. L-Men berusahamenyeragamkan imaji maskulinitas bahwa selain memiliki tubuh atletis, laki-laki juga harusmemiliki wajah tampan dan terawat, serta penghasilan tinggi untuk menunjang gaya hidupmewah. Hegemoni yang dilakukan oleh L-Men mengenai maskulinitas, menjadi sebuah toxickarena laki-laki dituntut untuk memenuhi standar yang ditetapkan oleh produsen jika inginmenjadipria maskulin. ketika seorang pria tidak mampu mencapai standar yang dibangun olehiklan maka akan timbul ketidakpuasan terhadap diri sendiri dan berkurangnya tingkatkepercayaan diri. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat ditarik kesimpulan bahwa beberapa mitosdominan toxic masculinity yang direpresentasikan oleh L-Men memiliki dua garis besar.Pertama, pria maskulin adalah laki-laki metroseksual bertubuh atletis dan berwajah tampan(mulus). Kedua, pria maskulin adalah laki-laki yang dominan atas kekayaan materi danpekerjaan. Rekomendasi dari penelitian ini yaitu, diharapkan dapat memberikan gambaranserta sumbangsih pengetahuan bagi kalangan akademisi, aktivis dan masyarkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F20293
Uncontrolled Keywords: Iklan, Hegemoni, Maskulinitas, Toxic Masculinity, L-Men.
Subjects: A > A74 Advertising
S > S210 Semiotics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi
Depositing User: Users 4080 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2022 03:13
Last Modified: 21 Jan 2022 03:13
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13378

Actions (login required)

View Item View Item