NURHAMZAH, Dino (2017) Analisis Pemasaran Komoditas Pepaya California (Carica papaya var. calina) di Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
Cover_1.pdf Download (146kB) | Preview |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas dan bagian awal TA.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
||
|
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf Download (323kB) | Preview |
|
PDF (BabI)
Bab I_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) |
||
PDF (BabII)
Bab II_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) |
||
PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (549kB) |
||
PDF (BabV)
Bab IV_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (873kB) |
||
PDF (BabV)
Bab V_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
||
|
PDF (Daftarpustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf Download (223kB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
Abstract
Kecamatan Cilongok merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Banyumas yang memiliki kesesuaian topografi bagi pengembangan usaha budidaya pepaya. Sebagai salah satu komoditas hortikultura, pepaya memiliki karakteristik yang cepat mengalami kematangan dan kerusakan buah sehingga kegiatan pemasaran yang baik menjadi sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui lembaga pemasaran yang terlibat dan fungsi apa saja yang dilakukan oleh masing-masing lembaga pemasaran pepaya california, 2) Mengetahui pola saluran pemasaran pepaya california di Kecamatan Cilongok, 3) Mengevaluasi struktur pasar pepaya california di kecamatan tersebut, 4) Menghitung dan menganalisis margin pemasaran pada masing-masing saluran pemasaran pepaya california, 5) Menghitung besarnya persentase farmer’s share masing-masing saluran pemasaran, 6) Menghitung dan menganalisis efisiensi pemasaran pepaya california di Kecamatan Cilongok. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret sampai dengan April 2017 di Desa Cikidang dan Desa Pageraji, Kecamatan Cilongok dengan sasaran penelitian petani pepaya california serta lembaga pemasaran yang terlibat dalam pemasaran pepaya california. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Pengambilan sampel petani dilakukan dengan metode purposive sampling dan pengambilan sampel lembaga pemasaran dilakukan dengan metode snowball sampling. Analisis yang digunakan berupa analisis deskriptif, analisis struktur pasar, market share, concentration ratio, margin pemasaran, farmer’s share serta rasio keuntungan dan biaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Lembaga pemasaran yang terlibat dalam pemasaran papaya california meliputi tengkulak desa, tengkulak besar, pedagang besar dan pedagang pengecer; 2) Saluran pemasaran ke-I terdiri atas petani – tengkulak besar – pedagang besar – pedagang pengecer – konsumen, saluran pemasaran ke-II terdiri atas petani – pedagang besar – pedagang pengecer – konsumen, saluran pemasaran ke-III terdiri atas petani – tengkulak desa – pedagang besar – pedagang pengecer – konsumen; 3) Struktur pasar tingkat petani dari sisi pembeli adalah Oligopsoni, sementara di tingkat konsumen dari sisi penjual adalah Oligopoli; 4) Margin pemasaran pada saluran pemasaran ke-I, ke-II dan ke-III masing-masing sebesar Rp3.700,00 per kilogram, Rp3.000,00 per kilogram dan Rp2.450,00 per kilogram; 5) Farmer’s share pada saluran pemasaran ke-I , ke-II dan ke-III masing-masing sebesar 38,33 persen, 45,45 persen dan 38,75 persen; 6) Secara ekonomi pemasaran pepaya belum efisien sedangkan secara operasional pemasaran pepaya sudah efisien.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | A17358 |
Subjects: | A > A128 Agricultural |
Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis |
Depositing User: | Mr Rohmadi Rohmadi |
Date Deposited: | 12 Jun 2019 03:55 |
Last Modified: | 09 Mar 2020 03:17 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/1367 |
Actions (login required)
View Item |