TRIONO, Agus Sugeng (2020) Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Inap RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Agus Sugeng Triono-I1F018018-Skripsi-FIKES-2020.pdf Download (220kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Agus Sugeng Triono-I1F018018-Skripsi-FIKES-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Agus Sugeng Triono-I1F018018-Skripsi-FIKES-2020.pdf Download (3MB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Agus Sugeng Triono-I1F018018-Skripsi-FIKES-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Agus Sugeng Triono-I1F018018-Skripsi-FIKES-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Agus Sugeng Triono-I1F018018-Skripsi-FIKES-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Agus Sugeng Triono-I1F018018-Skripsi-FIKES-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Agus Sugeng Triono-I1F018018-Skripsi-FIKES-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Agus Sugeng Triono-I1F018018-Skripsi-FIKES-2020.pdf Download (3MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Agus Sugeng Triono-I1F018018-Skripsi-FIKES-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Latar belakang: Perilaku caring perawat sangat penting untuk peningkatan kualitas pelayanan rumah sakit. Literatur menyebutkan perilaku caring dapat mendorong kesan positif pasien, termasuk kepuasannya. Hasil survey kepuasan pasien dilaporkan baik, sayangya hasil ini belum menunjukkan besarnya kontribusi perawat di dalamnya. Oleh karena itu perlu dikaji lebih lanjut kontribusi perilaku perawat agar pelayanan rumah sakit dapat lebih ditingkatkan. Metode: Penelitian ini untuk menguji hubungan antara perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien di RSUD Hj Anna Lasmanah,. Rancangan studi korelatif dipilih untuk menguji hipotesis terhadap 125 pasien di instalasi rawat inap. Teknik sampling dengan total sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner perilaku caring perawat dan kepuasan pasien. Hasil uji realibilitas diperoleh 0,892 dan 0,768 secara berurutan.Uji korelasi Spearman dipilih karena data tidak terdistribusi normal. Hasil: Pasien RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara kebanyakan berumur lansia awal, perempuan dan berpendidikan Sekolah Dasar. Rerata skor perilaku caring perawat 66,1 (cukup) dan kepuasan pasien 69,7 (cukup). Terdapat korelasi positif yang bermakna r = 0,458, p = 0,001. Kesimpulan: semakin baik perawat berperilaku caring maka akan semakin puas pasien terhadap pelayanan keperawatan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | I20019 |
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan pasien, kualitas pelayanan dan perilaku caring perawat |
Subjects: | N > N242 Nurses P > P103 Patients |
Divisions: | Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Users 4158 not found. |
Date Deposited: | 07 Mar 2022 06:37 |
Last Modified: | 07 Mar 2022 06:37 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13675 |
Actions (login required)
View Item |