MAULIANDARI, Riana (2020) Perbandingan Efektivitas Peer Learning dan Klasikal Terhadap Kemampuan Interpretasi Analisa Gas Darah Perawat IRNA I RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Riana Mauliandari-I1F018006-Skripsi-FIKES-2020.pdf Download (106kB) |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (989kB) |
|
PDF (Abstrak)
abstrak_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (670kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Riana Mauliandari-I1F018006-Skripsi-FIKES-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Riana Mauliandari-I1F018006-Skripsi-FIKES-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Riana Mauliandari-I1F018006-Skripsi-FIKES-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Riana Mauliandari-I1F018006-Skripsi-FIKES-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Riana Mauliandari-I1F018006-Skripsi-FIKES-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAPUS-Riana Mauliandari.pdf Download (3MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Riana Mauliandari-I1F018006-Skripsi-FIKES-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang: Perawat yang kompeten diharapkan mampu melakukan interpretasi analisa gas darah (AGD). Kompetensi tersebut dapat dicapai dengan terus belajar. Hasil belajar dipengaruhi oleh metode belajar. Metode pembelajaran klasikal berpusat pada pengajar dimana peserta didik mendengarkan materi yang disampaikan pengajar secara tuntas. Peer learning merupakan metode yang berpusat pada peserta didik, dengan pembelajaran dalam kelompok kecil. Penelitian dilakukan untuk mengetahui perbedaan efektivitas metode peer learning dan klasikal terhadap kemampuan perawat melakukan interpretasi AGD di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Metodologi: Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen dengan pre and posttest comparison two group design. Pemilihan sampel menggunakan teknik random sampling. Besar sampel sejumlah 40 responden untuk tiap kelompok. Alat pengambilan data berupa kuesioner tes kasus ketidakseimbangan asam-basa. Analisis data menggunakan analisa univariat dengan distribusi frekuensi dan analisa bivariat dengan uji t. Hasil: Hasil penelitian didapatkan responden kelompok peer learning dan klasikal mengalami peningkatan kemampuan melakukan interpretasi AGD setelah dilakukan pembelajaran dengan masing-masing metode. Terdapat perbedaan signifikan peningkatan rerata kemampuan interpretasi AGD responden kelompok peer learning (x=3,175) dibandingkan responden kelompok klasikal (x=2,319). Hasil uji beda selisih mean didapatkan p=0,001. Kesimpulan: Metode pembelajaran peer learning lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan perawat melakukan interpretasi AGD.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | I20042 |
Uncontrolled Keywords: | AGD, Interpretasi analisa gas darah, Klasikal, Peer learning |
Subjects: | C > C716 Concept learning N > N243 Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Users 4158 not found. |
Date Deposited: | 15 Mar 2022 03:09 |
Last Modified: | 15 Mar 2022 03:09 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13788 |
Actions (login required)
View Item |