Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Perbandingan Efektivitas Peer Learning dan Klasikal Terhadap Kemampuan Interpretasi Analisa Gas Darah Perawat IRNA I RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

MAULIANDARI, Riana (2020) Perbandingan Efektivitas Peer Learning dan Klasikal Terhadap Kemampuan Interpretasi Analisa Gas Darah Perawat IRNA I RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Riana Mauliandari-I1F018006-Skripsi-FIKES-2020.pdf

Download (106kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (989kB)
[img] PDF (Abstrak)
abstrak_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Riana Mauliandari-I1F018006-Skripsi-FIKES-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Riana Mauliandari-I1F018006-Skripsi-FIKES-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Riana Mauliandari-I1F018006-Skripsi-FIKES-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Riana Mauliandari-I1F018006-Skripsi-FIKES-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Riana Mauliandari-I1F018006-Skripsi-FIKES-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAPUS-Riana Mauliandari.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Riana Mauliandari-I1F018006-Skripsi-FIKES-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang: Perawat yang kompeten diharapkan mampu melakukan interpretasi analisa gas darah (AGD). Kompetensi tersebut dapat dicapai dengan terus belajar. Hasil belajar dipengaruhi oleh metode belajar. Metode pembelajaran klasikal berpusat pada pengajar dimana peserta didik mendengarkan materi yang disampaikan pengajar secara tuntas. Peer learning merupakan metode yang berpusat pada peserta didik, dengan pembelajaran dalam kelompok kecil. Penelitian dilakukan untuk mengetahui perbedaan efektivitas metode peer learning dan klasikal terhadap kemampuan perawat melakukan interpretasi AGD di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Metodologi: Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen dengan pre and posttest comparison two group design. Pemilihan sampel menggunakan teknik random sampling. Besar sampel sejumlah 40 responden untuk tiap kelompok. Alat pengambilan data berupa kuesioner tes kasus ketidakseimbangan asam-basa. Analisis data menggunakan analisa univariat dengan distribusi frekuensi dan analisa bivariat dengan uji t. Hasil: Hasil penelitian didapatkan responden kelompok peer learning dan klasikal mengalami peningkatan kemampuan melakukan interpretasi AGD setelah dilakukan pembelajaran dengan masing-masing metode. Terdapat perbedaan signifikan peningkatan rerata kemampuan interpretasi AGD responden kelompok peer learning (x=3,175) dibandingkan responden kelompok klasikal (x=2,319). Hasil uji beda selisih mean didapatkan p=0,001. Kesimpulan: Metode pembelajaran peer learning lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan perawat melakukan interpretasi AGD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: I20042
Uncontrolled Keywords: AGD, Interpretasi analisa gas darah, Klasikal, Peer learning
Subjects: C > C716 Concept learning
N > N243 Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Users 4158 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2022 03:09
Last Modified: 15 Mar 2022 03:09
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13788

Actions (login required)

View Item View Item