SANGRAENA, La Re Nande (2020) Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Hidayah Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-La Re Nande Sangraena-I1A015123-Skripsi-FIKES-2020.pdf Download (232kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-La Re Nande Sangraena-I1A015123-Skripsi-FIKES-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (615kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-La Re Nande Sangraena-I1A015123-Skripsi-FIKES-2020.pdf Download (317kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-La Re Nande Sangraena-I1A015123-Skripsi-FIKES-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-La Re Nande Sangraena-I1A015123-Skripsi-FIKES-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-La Re Nande Sangraena-I1A015123-Skripsi-FIKES-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (685kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-La Re Nande Sangraena-I1A015123-Skripsi-FIKES-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (534kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-La Re Nande Sangraena-I1A015123-Skripsi-FIKES-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR-PUSTAKA-La Re Nande Sangraena-I1A015123-Skripsi-FIKES-2020.pdf Download (327kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-La Re Nande Sangraena-I1A015123-Skripsi-FIKES-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang: Pelayanan rawat inap sebagai salah satu jenis pelayanan dirumah sakit yang memerlukan aspek penilaian yang berkualitas untuk memberikan kepuasan kepada pasien. Pada studi pendahuluan di RSU Hidayah Purwokerto, beberapa pasien merasakan bahwa fasilitas di RSU Hidayah Purwokerto kurang memuaskan. Didukung dengan nilai BOR yang menurun dari tahun 2017-2018 yang nilainya dibawah standar ideal Depkes RI 60-85%. Salahs atu faktor yang mempengarui BOR adalah pemasaran. Bauran pemasaran adalah strategi pemasaran yang dilakukan secara bersama untuk meyakinkan objek pemasaran yang dituju. Rumah sakit memerlukan pengembangan strategi bauranpemasaran yang tepat untuk menunjang dan membuat pendapatan menjadi stabil. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran berupa product, place,promotion, people, process, dan physical evidence terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSU Hidayah Purwokerto. Metode: Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional dan teknik purposive sampling. Populasi seluruh pasien rawat inap pada tahun 2018 yaitu sebanyak 2.178 pasien dengan sampel 53. Analisis yang digunakan univariat,bivariat dengan chi square dan multivariat dengan regresi logistik. Hasil Penelitian: Hasil analisis bivariat menunjukan variabel yang berhubungan:product, place, promotion, people dan process sedangkan yang tidak berhubungan: physical evidence. Hasil analisis multivariat menunjukan variabel yang berpengaruh:place dan process. Simpulan: Ada pengaruh baruran pemasaran place dan process terhadapkepuasan pasien rawat inap.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | I20055 |
Uncontrolled Keywords: | Bauran Pemasaran, Kepuasan Pasien. |
Subjects: | H > H248 Hospitality industry M > M80 Marketing P > P103 Patients |
Divisions: | Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Users 4079 not found. |
Date Deposited: | 18 Mar 2022 03:25 |
Last Modified: | 18 Mar 2022 03:25 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13933 |
Actions (login required)
View Item |