Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Hubungan Karakteristik Mahasiswa Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman dengan Tingkat Kepercayaan dalam Pelayanan Kefarmasian di Apotek

SYAFIRA, Nadiyah (2020) Hubungan Karakteristik Mahasiswa Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman dengan Tingkat Kepercayaan dalam Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Nadiyah Syafira-I1C016018-Skripsi-FIKES-2016.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (754kB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (743kB)
[img] PDF (BabI)
BabI_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)
[img] PDF (BabII)
BabII_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB)
[img] PDF (BabIII)
BabIII_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (835kB)
[img] PDF (BabIV)
BabIV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (825kB)
[img] PDF (BabV)
BabV_1.pdf

Download (674kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DaftarPustaka_1.pdf

Download (688kB)
[img] PDF (LAmpiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Apotek merupakan tempat pelayanan kefarmasian yang dilakukan oleh Apoteker dan dibantu oleh Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK). Kepercayaan berarti pasien memiliki keyakinan terhadap penyedia pelayanan kesehatan. Faktor yang dapat mempengaruhi kepercayaan pasien adalah karakteristik pasien, antara lain umur, pendidikan, dan jenis kelamin. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan karakteristik mahasiswa kesehatan Universitas Jenderal Soedirman dengan tingkat kepercayaan dalam pelayanan kefarmasian di Apotek. Metodologi : Penelitian ini merupakan penelitian non–eksperimental dengan pendekatan cross-sectional. Data didapat dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa kesehatan Universitas Jenderal Soedirman. Analisis univariat untuk mengetahui persentase karakteristik mahasiswa kesehatan dan persentase tingkat kepercayaan serta analisis bivariat dengan uji chi-square untuk mengetahui hubungan karakteristik mahasiswa kesehatan dengan tingkat kepercayaan dalam pelayanan kefarmasian di Apotek. Hasil Penelitian : Hasil penelitian tingkat kepercayaan mahasiswa kesehatan Universitas Jenderal Soedirman dengan persentase 77,07%. Terdapat hubungan antara karakteristik prodi mahasiswa kesehatan dengan tingkat kepercayaan (pvalue0,017), tetapi karakteristik jenis kelamin, angkatan, dan kurun waktu terakhir mendapat pelayanan kefarmasian tidak terdapat hubungan dengan tingkat kepercayaan (p-value 0,855;0,308;0,712). Kesimpulan : Tingkat kepercayaan mahasiswa kesehatan Universitas Jenderal Soedirman termasuk kategori tinggi, karakteristik pasien yang berhubungan dengan tingkat kepercayaan yaitu prodi, sedangkan untuk jenis kelamin, angkatan, dan kurun waktu mendapat pelayanan kefarmasian tidak berhubungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: I20190
Uncontrolled Keywords: Apoteker, TTK, Mahasiswa Kesehatan, Pelayanan Kefarmasian, Kepercayaan.
Subjects: P > P199 Pharmaceutical chemistry
S > S232 Services for
Divisions: Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Farmasi
Depositing User: Mrs Yayuk Khotiarsih
Date Deposited: 24 Mar 2022 08:38
Last Modified: 24 Mar 2022 08:38
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13978

Actions (login required)

View Item View Item