ABIDIN, Ema Sinthiana (2020) Pengaruh Peer Education terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman pada Mata Kuliah Skripsi. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-EMA SINTHIANA ABIDIN-I1B016080-SKRIPSI-2020.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-EMA SINTHIANA ABIDIN-I1B016080-SKRIPSI-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-EMA SINTHIANA ABIDIN-I1B016080-SKRIPSI-2020.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-EMA SINTHIANA ABIDIN-I1B016080-SKRIPSI-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-EMA SINTHIANA ABIDIN-I1B016080-SKRIPSI-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-EMA SINTHIANA ABIDIN-I1B016080-SKRIPSI-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-EMA SINTHIANA ABIDIN-I1B016080-SKRIPSI-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-EMA SINTHIANA ABIDIN-I1B016080-SKRIPSI-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-EMA SINTHIANA ABIDIN-I1B016080-SKRIPSI-2020.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-EMA SINTHIANA ABIDIN-I1B016080-SKRIPSI-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Latar Belakang: Prokrastinasi akademik pada mata kuliah skripsi adalah perilaku penundaan yang disengaja dan berlangsung lama untuk menyelesaikan skripsi. Perilaku tersebut dapat diatasi menggunakan beberapa cara, salah satunya adalah cara edukasi melalui proses peer education. Tujuan Penelitian: Mengetahui pengaruh peer education terhadap perilaku prokrastinasi akademik mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman pada mata kuliah skripsi. Metodologi: Desain penelitian menggunakan quasi experiment with control group pre and post test design. Sampel berjumlah 30 responden yang dibagi dalam 2 kelompok menggunakan metode simple random sampling. Intervensi berlangsung selama 45 menit dan dilaksanakan sebanyak 2 kali dalam 3 minggu. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner skala prokrastinasi akademik pada mata kuliah skripsi. Data dianalisis menggunakan uji T Berpasangan dan Uji T tidak berpasangan. Hasil Penelitian: Terdapat perbedaan yang signifikan dari skor pretest terhadap skor posttest pada kelompok intervensi, nilai p= 0,000 (p < 0,05). Sedangkan pada kelompok kontrol tidak terdapat signifikansi nilai, dengan nilai p = 0,169 (p > 0,05). Hasil perbedaan selisih nilai antara kedua kelompok menunjukan perbedaan selisih yang signifikan dengan nilai p = 0,005 (p < 0,05). Kesimpulan: Peer education dapat mengatasi perilaku prokrastinasi akademik mahasiswa pada mata kuliah skripsi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | I20204 |
Uncontrolled Keywords: | Perilaku prokrastinasi akademik, Skripsi, Peer education |
Subjects: | A > A19 Academic achievement |
Divisions: | Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Users 4080 not found. |
Date Deposited: | 04 Feb 2022 02:47 |
Last Modified: | 04 Feb 2022 02:47 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/14016 |
Actions (login required)
View Item |